UPAYA MENIGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN SOFTBALL UNTUK SISWA KELAS X IPA 5 SMAN 1 PORONG

  • BUDI UTOMO

Abstract

Abstrak

Pembelajaran PJOK SMA terdapat 7 ruang lingkup pendidikan jasmani, pada pada kompetensi dasar materi softball termasuk dalam ruang lingkup yang pertama yaitu permainan dan olahraga. Guru PJOK yang tidak menyampaikan materi softball untuk siswa kelas X karena terbatasnya sarana dan prasarana yang menunjang untuk menyampaikan materi softball. Masalah lain pada kelas X IPA 5 yaitu pastisipasi aktif siswa yang kurang karena penyampaikan materi monoton dan tidak adanya inovasi baru. Modifikasi pada pendidikan jasmani merupakan salah satu cara untuk menyampaikan tujuan pembelajaran meskipun tanpa alat yang standart. Dengan adanya perlengkapan modifikasi diharapkan mampu tersampaikannya materi softball dan mampu meningkatkan pastisipasi aktif siswa mencapai indikator keberhasilan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dimana ditandai dengan adanya siklus-siklus untuk memecahkan masalah yang ada, instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen APF yang berguna untuk mengukur pasrtisipasi aktif siswa dalam pembelajran PJOK. Dalam penelitian tindakan diperoleh hasil pasrtisipasi aktif siswa sebagai berikut. Hasil awal sebesar 54.79% pada siklus I mengalami peningkatkan menjadi 60.33% dan pada siklus II mengalami peningkatkan mencapai 86 %. Dari hasil data tersebut penelitian tindakan ini berahir karena indikator keberhasilan tercapai pada siklus II.

Kata kunci: Modifikasi softball, Partisipasi aktif.

Abstract

Learning PJOK SMA contains seven scope of physical education, on the basics of softball material, included in the first scope of games and sports. PJOK Teachers who do not provide softball material for X class students because of the limited facilities and infrastructure that support for softball material. Another topic in class X IPA 5 is the activity that students use because of the submission of monotonous material and the absence of new innovations. Modification to physical education is one way to convey the purpose of learning without a standard tool. By using the equipment, you can use existing materials and be able to improve the performance of your blog to achieve success indicators. This research uses action research conducted by using existing data, which in this research is APF instrument which is useful to measure pasrtisipasi person in learning PJOK. In this context, the key words are used as follows. Initial results of 54.79% in the first cycle increased to 60.33% and in the second cycle underwent an increase of 86%. From the results of these data, this action research is on the success indicator in cycle II.

Keyword(s): Softball modificate, Active participation.


Published
2018-07-24
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 247