PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET

  • AHMAD RISYAL FIRDAUS

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang memiliki fungsi dan peranan dalam peningkatan kemampuan peserta didik baik dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Dalam proses pembelajaran chest pass bola basket guru sepenuhnya mengambil peran dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan siswa lebih cenderung untuk mengikuti intruksi guru. Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat dijadikan sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket. Dari hasil analisis perhitungan diketahui bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar chest pass bolabasket pada aspek pengetahuan dan keterampilan kelas VIII D di SMP Negeri 21 Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung untuk aspek pengetahuan chest pass bolabasket adalah 17.056 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Nilai thitung untuk aspek keterampilan chest pass bolabasket 4.730 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek pengetahuan chest pass bolabasket sebesar 18%, dan peningkatan pada aspek keterampilan chest pass bolabasket sebesar 23%.

Kata Kunci : Penerapan metode tutor sebaya, hasil belajar chest pass bola basket.

Abstract

Physical Education, Sports and Health is a subject that has a function and a role in improving the ability of learners both knowledge and skills competencies. The learning process chest pass basketball teachers fully take a role in learning activitie, while the students are follow the instruction of teachers. The application of peer tutor learning methods one effective way to improve the learning outcomes of a chest pass basketball. Outcomes of calculation analysis known the outcomes of t-test show that there is improvement of learning outcomes of chest pass basketball on knowledge and skill aspect of grade VIII D in SMP Negeri 21 Surabaya. This is indicated by the t-test for the knowledge aspect of the chest pass basketball are 17.056> 2.042 and the significant value of p are 0.00 <0.05, meaning there are a significant effect. T-test value for skill chest pass basketball 4.730>2.042 and significant value p are 0.00 <0.05, there are a significant effect. This is indicated by an increase of chest pass basketball knowledge of 18%, and improvement in skill chest pass basketball are 23%.

Keywords: Application of peer tutor learning method, learning outcomes of chest pass basketball.






Published
2018-07-24
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 37