PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIPASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM (Studi Pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo)

  • GESANG ARIE PRASETYO

Abstract

Abstrak

Pemilihan metode yang tepat juga dapat membantu siswa menjadi aktif dalam pembelajaran serta dapat menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Penggunaan model yang tepat dan variatif juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membentu siswa agar dapat belajar secara aktif dan juga kreatif. Oleh karena itu, peneliti mencoba melaksanakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh hasil belajar siswa dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas VIII dengan materi passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam di SMPN 2 Sidoarjo. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik tes ini berbentuk tes objektif dengan bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 15 soal. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), standar deviasi, varian, uji normalitas, dan t-test.Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menghitung t-test selisih hasil posttest dari kedua kelompok. Uji t-test yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dilihat dari nilai t yaitu T hitung > T tabel atau (24,26> 2,03) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada materi passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam siswa kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo.

Kata kunci : Pengaruh, Model Team Games Tournament , Hasil Belajar

Abstract

Selection of appropriate methods can help students become active and foster students’ self-confidence.The use of appropriate and varied models are very influentia on the success of learning. Team Games Tournament cooperative learning is one of many learning model which can help students more active and creative. Therefore, researcher try to apply this kind onf model into actual learning process. The research goal areto describe how big the impact of Team Games Tournament Cooperative Learning to the learning result.And to know how it is applied on inside foot passing of football on the eighth grade students of the second junior high school of Sidoarjo. The type of this experiment is Quasi Experimental Design using Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Data collected through test, using 15 multiple choice questions. Data analyzed by mean, standard deviation, variance, normality test, and t-test. The result of this researchis there is an influence of the application of team games tournaments cooperative learning to the learning result. It is proven by the value of Tcount > Ttable (24.26>2.03)then concluded Ha accepted which means there is a significant influence of the application of team games tournament cooperative learning to inside foot of football passing on the eighth grade of the second junior high school of Sidoarjo.

Keyword(s) :Influence,Team Games Tournament, Learning Result.

Published
2018-07-26
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 181