pengaruh model pembelajaran koopearatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 34 Surabaya

  • HUTAMI NUR AINI

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan proses pendidikan melalui aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematis, teratur dan terarah. Aktivitas jasmani tersebut merupakan proses yang memanfaatkan akivitas fisik pada siswa untuk menghasilakn perubahan pada setiap individu. Model pembelajaran STAD ini merupakan model pembelajaran yang baru pada siswa di SMP Negeri 34 Surabaya ini. Oleh karena itu melalui model pembelajaran STAD yang diberikan ini diharapkan siswa mampu meningkatkan hasil belajarnya pada pembelajaran PJOK khususnya servis bawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 34 Surabaya. 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran servis bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 34 Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas VII H dengan jumlah siswa 35 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII G dengan jumlah siswa 35 sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar servis bawah bolavoli siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII SMP Negeri 34 Surabaya.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Servis Bawah Bolavoli.

Abstract

Physical Education, Sport and Health was educational process through physical activity that is planned systematically, regularly and purposefully. This physical activity was process that utilizes the physical activity of the rest to produce change in each individual. STAD learning model is a new model of learning in students in Junior High School Negeri 34 Surabaya. Therefore, through STAD learning model that was given expected to improve students learning outcomes in learning PJOK especially underhand service. The purpose of this research is to know 1) whether there is influence of student teams achievement division (STAD) model of learning result of service under bollavolley at grade VII students of Junior High School Negeri 34 Surabaya. 2) to know the influence of cooperative learning model type student teams achievement division (STAD) on the learning outcomes under bollavolley at grade VII students of Junior High School Negeri 34 Surabaya. The sample of this study used 2 groups, namely class VII H with the number of students 35 as Experiment Class and class VII G with the number of students 35 as a Class Control. Based on the results can be concluded that erdapat influence on service learning outcomes under the students by using STAD type cooperative learning model on students of class VII Junior High School Negeri 34 Surabaya.

Keywords: STAD Type Cooperative Learning Model, Learning Outcomes, Underhand Service Bolavoli

Published
2018-07-28
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 111