Pola Asuh Orangtua dan Perilaku Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan

  • TIFANI ISMI AULIA

Abstract

Abstrak

Pola asuh orangtua yang diterapkan kepada setiap anak berbeda-beda. Pola asuh yang diterapkan orangtua berdampak kepada tingkah laku anak, salah satunya akan berpengaruh terhadap perilaku disiplin anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh ayah dan ibu dengan perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran PJOK siswa kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan. Serta untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pola asuh ayah dan ibu dengan perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran PJOK siswa kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 26 siswa dan X MIPA 4 34 siswa SMA Negeri 2 Bangkalan. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket pola asuh ayah, instrument angket pola asuh ibu, dan instrumen angket disiplin siswa dalam pembelajaran PJOK. Analisis data menggunakan korelasi ganda. Disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi antara pola asuh ayah dan ibu terhadap perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran PJOK. Ditunjukkan pola asuh ayah otoriter dan ibu otoriter dengan perilaku disiplin siswa diperoleh angka koefisien korelasi 0,243 dengan signifikansi 0, 177 ( sig > 0,05 ), pola asuh ayah otoritatif dan ibu otoritatif dengan perilaku disiplin siswa angka koefisien korelasi 0,211 dengaan nilai signifikan 0,274 ( sig > 0,05 ), selanjutnya pola asuh ayah permisif dan ibu permisif dengan prilaku disiplin siswa angka koefisien korelasi 0, 174 dengan nilai signifikan 0,415 ( sig > 0,05 ), maka hasil nilai signifikan ketiganya menunjukkan nilai signifikan lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel pola asuh ayah dan ibu dengan perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran PJOK.

Kata Kunci: Pola Asuh Ayah dan Ibu, Perilaku Disiplin Siswa

Abstract

Parenting style which is applied in the family affect every children‘s behaviour, one of those is disciplinary behavior. The purpose of this study are, to see if there is a relationship between father’s and mother’s parenting style with discipline behavior on physical education learning of tenth grade student of the second state senior high school of Bangkalan. And to know how much the relationship between these two variables. The sample of this study are 26 students of tenth social one class and 34 students of tenth science four class. Data collection method is using father parenting style instrument, mother parenting style instrument and student discipline instrument. Data were analyzed using multiple correlation. It is concluded that there is no relationship between father’s and mother’s parenting style and student discipline behavior on physical education learning. It shown that authoritarian fathers parenting and authoritarian mother’s parenting with student discipline behavior correlation coefficient 0,243 significant value of 0.177 (sig>0,05), authoritative father’s parenting and authoritative mother’s parenting with student discipline behavior correlation coefficient number 0,211 with significant value of 0,274 (sig>0,05), permissive father’s parenting and permissive mother’s parenting with tudents discipline behavior correlation coefficient number 0,174 with significant value of 0,415 (sig>0,05). The results of all three significant values show significant value bigger than 0,05 which means there is no relationship between variables of parenting father and mother with student discipline behavior on physical education learning.

Keyword(s): Father’s and mother’s parenting style, student’s disciplinary behavior







Published
2018-07-29
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 62