Perbandingan Tingkat Rasa Percaya Diri Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Dan SMP Al Hikmah Surabaya

  • JANE LINDA WARGANI TAMPI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adalah bagian dari pendidikan secara keseluruhan yang membuat anak-anak melakukan aktivitas fisik sekaligus mendapatkan pendidikan. Seorang pendidik harus mampu merubah siswa dalam hal spiritual, sosial, mental dan emosional, pembelajaran PJOK mengandung beberapa nilai - nilai karakteristik siswa diantaranya adalah tanggung jawab, jujur, sportif, disiplin, peduli serta rasa percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat rasa percaya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Surabaya. Untuk mengetahui tingkat rasa percaya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Al Hikmah Surabaya. Untuk mengetahui perbedaan tingkat rasa percaya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Surabaya dan SMP Al Hikmah Surabaya. Untuk mengetahui perbedaan sekolah yang memiliki tingkat rasa percaya diri siswa yang lebih tinggi. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Surabaya dan SMP Al Hikmah Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian non eksperimen dengan desain penelitian komparatif. Sampel penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan teknik cluster random sampling, besar populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dari SMP Negeri 36 Surabaya dan 55 siswa SMP Al Hikmah Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan mengisi angket rasa percaya diri siswa. Uji statistik yang digunakan adalah analisis uji – t, uji normalitas, presentase dan dibantu dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan tingkat rasa percaya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 dan SMP Al Hikmah Surabaya.

Kata Kunci: Tingkat rasa percaya diri, Pembelajaran PJOK.

Abstract

Physical education is part of an overall education that keeps children physically active while getting education at the same time. An educator must be able to change students in spiritual, social, mental and emotional aspects, physical education lessons contains some of the positive characteristic values for the students such as responsibility, honesty, sportsmanship, discipline, compassion and self-confidence. The purpose of this study was to determine the level of students confidence in physical education lesson in class VIII Public Junior Highchool 36 Surabaya. To identy the level of students confidence in physical education lesson in class VIII Al Hikmah Junior Highschool Surabaya. To neveal the difference of students confidence level in physical education lesson in class VIII Public Junior Highschool 36 and Al Hikmah Junior Highschool Surabaya. To study the difference of schools that have higher levels students confidence. The target of this research was the students of class VIII Public Junior Highschool 36 and Al Hikmah Junior Highschool Surabaya. The type of research was non experimental research with comparative research design. Research sample used by researcher was cluster random sampling technique. The population in this research were 35 students from public education 36 Surabaya and 55 students of Al Hikmah Junior High School Surabaya. The data were collected by filling the students self-confidence questionnaire. Statistical tests used t-test analysis, normality test, percentage assisted by SPSS. Based on the result there are differences in comparison of students self confidence in physical education lesson in VIII class Public Junior Highschool 36 and Al Hikmah Junior Highcshool Surabaya.

Keywords: Level of confidence, Learning physical education


Published
2018-07-29
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 59