Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Keaktifan Gerak Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa kelas V B SDN Sawahan 1/340 Surabaya

  • PRINGGO HUSODHO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktifitas fisik atau jasmani yang dijadikan media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. Melalui pendidikan jasmani, siswa disosialisasikan ke dalam aktivitas jasmani yang termasuk keterampilan berolahraga.Tujuan dari pendidikan jasmani tidak hanya mengembangkan fisik saja, akan tetapi juga aspek mental, emosional, sosial dan spiritual banyak metode dan materi yang diajarkan dalam PJOK salah satunya yaitu melaui permainan kecil. Banyak sekali nilai-nilai positif yang terjandung di dalam permainan kecil. melalui bermain siswa akan merasa senang dan gembira dengan sendirnya jika permainannya menarik. Jika sudah begitu mereka akan tanpa sadar untuk mengikuti permaianan dan tanpa sadar mereka juga bergerak aktif. Dengan hal tersebut diharapkan mampu merangsang siswa untuk mencukupi kebutuhan geraknya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap keaktifan gerak dalam PJOK pada siswa kelas V B SDN Sawahan 1/340 Surabaya. Dan selain itu juga untuk mengetahui besarnya pengaruh permainan berkarakter terhadap keaktifan gerak siswa dalam PJOK .Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Sawahan 1 /340 Surabaya dan jumlah sampel sebanyak 22 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan pendekatan statistic kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen APF. Hasil penghitungan menggunakan perhitungan SPSS maupun manual maka didapatkan hasil yaitu didapat jumlah skor rata-rata pre-test sebesar 23,31 dan post-test sebesar 24,77 dan untuk uji T yaitu Thitung (0,849) < Ttable (1,721),dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang nyata keaktifan gerak siswa sebelum dan sesudah penerapan permainan Kecil. Hal ini dapat disimpulkan bahwa permainan kecil tidak memberikan dampak yang nyata terhadap keaktifan gerak siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas V B SDN Sawahan 1/340 Surabaya.

Kata Kunci: Permainan Kecil, Keaktifan Gerak Siswa

Abstract

Physical education is basically an education through physical or physical activity that is used as media to achieve individual development as a whole. Through physical education, students are socialized into physical activities that include exercise skills. The purpose of physical education is not only to develop the physical, but also the mental, emotional, social and spiritual aspects of many methods and materials taught in PJOK one of them is through small game .There are so many positive values ​​embodied in the small game. through playing the students will feel happy and happy with itself if the game is interesting. If it had been so they would have unwittingly followed the game and unwittingly they were also active. With it is expected to stimulate students to meet the needs of his motion.The purpose of this study is to determine the effect of small game on the activity of movement in PJOK in grade V students SDN Sawahan 1/340 Surabaya. And also to know the magnitude of the influence of the game characterized on the activeness of student movement in PJOK. Target of this study is the students of grade V B SDN Sawahan 1/340 Surabaya and the number of samples as many as 22 students. This type of research uses quasi experiment with quantitative statistic approach. While the data retrieval process is done by using APF instruments.The result of calculation using SPSS and manual calculation then got the result that is got the average score of pre-test equal to 23,31 and post-test equal to 24,77 and for T test that is Thitung (0,849) <Ttable (1,721), thus it can be concluded that there is no real difference in the students motion before and after the small game implementation. It can be concluded that the small game does not give a real impact on the activeness of student movement in learning PJOK in grade V students SDN Sawahan 1/340 Surabaya.

Keywords: Small Game, Activity of Student Motion.







Published
2018-07-30
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 39