PENERAPAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA PADA PEMBELAJARAN PJOK SISWA KELAS VIII SMPN 19 SURABAYA

  • NIKMATUL NAFIAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh penerapan small sided games terhadap hasil belajar passing sepakbola pada pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMPN 19 Surabaya. Hasil data yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa data pada saat pretest dan posttest adalah berasal dari data normal karena pvalue < alpha yaitu 0,05. Untuk hasil perhitungan uji T, t hitung 3,709. T tabel 2,724 dengan demikian sesuai dengan ketentuan jika t hitung >t tabel dengan taraf signifikan 5% maka ha diterima ho ditolak. Berdasarkan dari perhitungan presentase dengan hasil 31,98% maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan treatment menggunakan model small sided games terhadap hasil belajar passing sepak bola. Dapat disimpulkan pvalue pada saat pre-test 0,00 dan pvalue post-test 0,00. Dapat disimpulkan bahwa data pada saat pretest dan posttest adalah berasal dari data normal karena pvalue < alpha yaitu 0,05. Untuk hasil perhitungan uji T, t hitung 3,691. t tabel 2,750 dengan demikian sesuai dengan ketentuan jika t hitung > t tabel dengan taraf signifikan 5% maka ha diterima ho ditolak. Perbedaan hasil belajar belajar passing dapat dilihat dari nilai mean 0,710 yang bernilai positif, artinya terjadi penurunan kemampuan passing dari hasil pre test dan post test. Berdasarkan dari perhitungan presentase dengan hasil -22,47% maka dapat disimpulkan bahwa ada penurunan terhadap hasil passing siswa yang tidak diberikan treatment menggunakan model small sided games terhadap hasil belajar passing sepak bola.

Kata Kunci : small sided games, passing, hasil belajar.

Abstract

The purpose of this studying is to determine whether there is effect of the implementation of small sided games on the results of learning football passing on learning PJOK in students of class VIII SMPN 19 Surabaya. The data obtained from the research can be concluded that the data at the time of pretest and posttest is derived from normal data because pvalue <alpha is 0,05. For the calculation of T test, t count 3.709. T table 2.724 thus in accordance with the provisions If arithmetic > t table with a significant level of 5% then the result accepted with 31,98% it can be concluded that there is significant effect after being treated using small sided games model to the learning result of soccer passing . Can pvalue at 0.00 and posttest pvalue 0.00. it can be concluded that the data at the time of pretest and posttest is derived from normal data because pvalue <alpha is 0,05. For the calculation result of T test, t count 3,691. T table 2.750 thus in accordance with the provinsions if arithmetic > table with a significant level of 5% the ha accepted ho rejected. The difference of the learning result of the learning result of passing learning can be seen from the mean value of 0,710 which is positive value, it means there is decrease of passing ability from pretest and post test result. Based on percentage calculation with -22.47% it can be concluded that there is a decrease on the results of passing students who are not give the treatment using small sided games model of learning outcomes passing soccer words.

Keyword : small sided games, passing, learning outcomes.










Published
2018-07-31
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 26