Perbedaan pola hidup sehat antara siswa pada sekolah yang menerapkan go green dan siswa pada sekolah yang tidak menerapkan go green (Studi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo dan siswa kelas VIII SMPN 1 Tanggulangin Sidoarjo

  • AULIA FEBRIANI

Abstract

Abstrak

Pola hidup sehat di lingkungan sekolah merupakan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil dari pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Upaya meningkatkan kebiasaan pola hidup sehat siswa dalam menjaga kebersihan sekolah dan kerusakan lingkungan adalah melalui penerapan Go Green. “Go green merupakan suatu program untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa” (Mardliyah, dkk : 2016). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pola hidup sehat antara siswa kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo dan siswa kelas VIII SMPN 1 Tanggulangin. Desain penelitian ini menggunakan desain komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo yang berjumlah 375 siswa dan seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Tanggulangin yang berjumlah 306 siswa, sehingga total sampel keseluruhan yaitu 681 siswa. Pengumpulan data menggunakan pengisian angket dengan skala guttman. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pola hidup sehat antara siswa kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo dengan siswa kelas VIII SMPN 1 Tanggulangin yang dibuktikan dari hasil uji chi-square pola hidup sehat mempunyai nilai Sig = 0,492 ≥ α = 0,05 yang sesuai dengan kriteria pengujian.

Kata kunci : Pola Hidup Sehat, Go Green.

Abstract

Healthy lifestyle in the school environment is a behavior practiced by learners, teachers and the community in the school environment on the basis of awareness as a result of learning, so that independently able to prevent disease, improve health, and play an active role in realizing a healthy environment. Efforts to improve healthy lifestyle habits of students in maintaining school cleanliness and environmental damage is through the implementation of Go Green. "Go green is a program to instill environmental caring character in students" (Mardliyah, et al: 2016). The purpose of this research is to know the difference of healthy lifestyle between students of class VIII SMPN 2 Sidoarjo and students of class VIII SMPN 1 Tanggulangin. This research design uses comparative design with quantitative approach. The sample in this research is all students of class VIII SMPN 2 Sidoarjo which amounted to 403 students and all students of class VIII SMPN 1 Tanggulangin which amounted to 386 students, so the total of the whole sample is 789 students. Data collection using questionnaires with guttman scale. Based on the results of research data can be concluded that there is no significant difference in healthy lifestyle between students of class VIII SMPN 2 Sidoarjo with students of class VIII SMPN 1 Tanggulangin which is proven from the results of chi-square test of healthy lifestyle has a value of sig = 0.492≥ α = 0.05 corresponding to criteria

Keywords: Healthy Lifestyle, Go Green
Published
2018-08-20
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 208