PERBANDINGAN TINGKAT PARTISIPASI AKTIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • DAVID KURNIAWAN

Abstract

Abstrak

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusi yang menjamin dalam kelangsungan hidup suatu bangsa. Karena pendidikan merupakan kualitas hidup manusia akan meningkat khususnya bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya pendidikan diharapkan terjadinya transfer ilmu yang dapat membuat pelaku pendidikan mengalami perubahan dari yang tidak bisa menjadi bisa. Karena tuntutan yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi diera jaman yang modern ini membuat pendidikan tidak mungkin dikelolah secara tradisional hal tersebut membuat para guru harus dapat memutar otak untuk dapat menerapkan pembelajaran yang efektif dan digemari oleh parasiswa-siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang cara pembelajaran yang disampaikan oleh mahasiswa dalam waktu PPP khussunya pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga yang diajar oleh mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga dan mahasiswa pendidikan olahraga. Pada tingkat partisipasi aktif diketahui ada perbedaan antara siswa yang diajar mahasiswa pendidikan kepelatihan dan mahasiswa pendidikan olahraga dalam pembelajaran PJOK. Pada tingkat partisipasiaktif yang diajar mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga diperoleh nilai 246,2967 dan taraf signifikans p = 786 dan yang diajar mahasiswa pendidikan olahraga diperoleh nilai 260,7778 dan taraf signifikan p = 0,125 Hasil tersebut menunjukkan bahwa p < 0,05, terdapat perbedaan. Sedangkan tingkat motivasi siswa yang diajar mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga diperolehnilai rata-rata sebesar 184,3333 dan taraf signifikans p = 0,080 sedangkan yang diajar mahasiswa pendidikan olahraga memeliki diperoleh nilai rata-rata 197,0000 dan taraf signifikan p = 0,096. Hasil tersebut menunjukkan bahwa p > 0,05, berarti terdapat perbedaan antara pembelajaran Mahasiswa pendidikan Kepelatihan Olahraga dengan Mahasiswa Pendidikan Olahraga.

Abstract
Education has an important role in human life that ensures the sustainability of the nations environment. Because education is the quality of human life will increase especially for the people of Indonesia. With education, it is expected that knowledge transfer keeps us from being unable to be. Due to the increasing freedom of education and science and technology in the modern era, education makes it impossible to learn in the traditional way that teachers should be able to play the brain to be able to apply effective and popular lessons to the students. The purpose of this research was to know about the way of learning submitted by students in PPP time especially learning physical education, health, and sport which is taught by students of sports education and sports education students. At the level of active participation, there was a difference between students who were taught to educate students and students of sports education in physical education, health, and recreatioan lessons. The level of active participation taught by sports coaching students is 246.2967 and the significance level p = 786 and which is taught by sports education students was 260.7788 and significant was p = 0.125. The results showed that p <0,05. While the level of motivation of students who teach sports education students obtained an average score of 184.3333 and the level of significance p = 0.080 whereas students who taught sports education average score of 197,0000 and significance level p = 0.096. The results showed that p> 0.05, the numbers that exist between the Training Officers Training of Learning Education with Sports Education Students. Keywords: Level of active participation and student motivation

Published
2018-09-07
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 46