Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Keterampilan Motorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan.

  • MUHAMMAD MACHRUS ALI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan memiliki peranan yang sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktifitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembelajaran PJOK sangat mengutamakan keterampilan motorik. Keterampilan motorik yang baik akan berdampak pada gerak siswa di masa yang akan datang. Pada pembelajaran PJOK terdapat banyak metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk melakukan gerakan yang dapat merangsang keterampilan motorik siswa, salah satunya yaitu permainan kecil. Permainan kecil bisa dijadikan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru agar proses pembelajaran dapat lebih bervariasi dan menyenangkan sehingga dapat memperlancar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh permainan kecil terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas V SD Al-Islam Cerme dan seberapa besar pengaruh permainan kecil terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas V SD Al-Islam Cerme dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen murni dengan pendekatan kuantitatif, Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen motor ability test. Adapun hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh permainan kecil terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmanni, Olahraga dan Kesehatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan uji T yaitu nilai nilai thitung sebesar 0,15 ≤ ttabel 1.753. Hal ini berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak,

Kata Kunci : Permainan Kecil, Keterampilan Motorik

Abstract

Physical Education, Sport and Health plays a crucial role, that is to give the student a chance to be actively involved in various learning experience through chosen and systemic Physical Education, Sport and Health activity. Physical Education, Sport and Health learning process emphasizes on motoric skills. Good motoric skills will bring positive impact for the studentin the future. Various teaching methods which are employed in Physical Education, Sport and Health class expect student to do activities which stimulates the student’s motor skills, one of which is small skill. Small game can be ona of the teacher’s efforts to make the learning process fun and not monotonous. This is also expected to make the students enjoy the lesson. The purpose of this research was to investigate the effect of small game toward student’s motor skill in Physical Education, Sport and Health in the fifth graders of Al-Islam Elementary School Cerme. This research was also aimed to reveal the magnitude of the influence. The sample of this research was 32 student’s. This research was an experimental research with quantitativeapproach. The data colletion was done with motor ability test. The data analysis revealed the following resuts. There is no influence of small game toward student’s motor skill in Physical Education, Sport and Health lesson in the Vth grander of Al-Islam Elementary school Cerme. It was shown in T test value (0,15) smaller than ttable (1,753). Therefore, ho was accepted and Ha is rejected.

Keyword : Physical Education, Motor Skill

Published
2018-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 515