PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL DRIBBLING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS XI AV SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • MUHAMAD LAZUARDI

Abstract

Abstrak

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada dalam pengajaran PJOK di SMKN 5 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, ada beberapa masalah yang terjadi pada pembelajaran di kelas XI AV. Diantaranya adalah dalam proses kegiatan pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran PJOK, sehingga Prestasi Belajar Peserta didik meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen jenis (quasi eksperimental design). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI AV 1 sebagai kelas eksperimen dan XI AV 2 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar PJOK Peserta didik Kelas XI AV SMKN 5 Surabaya. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran PJOK, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai KKM 75%. Berdasarkan hasil analisis posttest dan pretest seperti pada tabel 6, diperoleh hasil nilai sebesar 5,166 dengan taraf signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan diketahui nilai sebesar 1,99 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Kemudian hasil perhitungan uji-t dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 (0,00<0,05) dan > (5,166>1,99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Two Stay Two Stray terhadap Hasil Dribbling Sepak Bola Pada Siswa Kelas XI AV SM K Negeri 5 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 diterima.

Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Model Pembelajaran, Hasil Belajar


Abstract

The study was done on the basis of the existing problems in English teaching at SMKN 5 Surabaya. Based on the results of pre-liminary observation conducted it was found that there were some practical problems occurred for the XI AV Graders Students. Practically, the teacher was more dominant during the teaching and learning. Consequently, the students were not focus to the presented materials and they did not participate actively in the class. Consequently, the students’ score in PJOK was not satisfied. To solve these problems, the researcher offered a modified Cooperative Teaching Model of Two Stay Two Stray Type. This study is an experimental research type (quasi experimental design). The population in the study were students of class XI AV 1 as the experiments class and XI AV 2 as the controls class. Meanwhile in the Observing phase by doing interview, observation, documentation and administering tests, the data were collected. Finally, the collected data were analyzed to determine whether or not the pre-determined indicators have been met of the criteria that reached the KKM by 75%. Based on the findings of post-test and pre-test analysis as in table 6, obtained the value of 5.166 with a significance level of 0.00, while the value of 1.99 with a significance level of 0.05. Then the result of t-test can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted because t-test <0,05 (0,00 <0,05) and> (5,166> 1,99). It can be concluded that there are differences in student learning outcomes using the Cooperative Learning Type Two Stay Two Stray learning against dribbling results of soccer In class XI AV students at SMKN 5 Surabaya academic year 2018/2019.

Keyword: Two Stay Two Stray, Learning Model, Learning Outcomes









Published
2018-10-31
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 72