PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 TANGGULANGIN

  • BORIZKHA UTOMO PUTRA

Abstract

Abstrak

Pada Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan siswa mendapatkan materi permainan bolavoli. Salah satu teknik dasar permainan bolavoli yaitu passing bawah dan passing atas . Untuk meningkatkan keterampilan hasil belajar passing bawah dan passing atas bolavoli diperlukan model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pada kegiatan belajar mengajar model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) digunakan pendidik untuk memotivasi siswa, meningkatkan minat siswa, dan membuat suasana belajar mengajar menjadi menyenangkan.Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Taurnament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada meteri passing bawah dan passing atas bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin, 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Taurnament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada meteri passing bawah dan passing atas bolavoli dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga kelas yang diambil secara acak di SMP Muhammadiyah 8 Tanggulangin. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan tes pengetahuan dan tes keterampilan passing bawah dan passing atas. Teknik analisa yang digunakan adalah mencari nilai mean, standart deviasi, varian, uji normalitas, menghitung uji-t, dan menghitung besar prosentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemberian model pembelajaran TGT ternyata memberikan peningkatan yang signifikan pada siswa kelompok eksperimen sebesar 48,12% dan 49,10% sedangkan kelompok kontrol sebesar 1,09% dan 14,87. Hal tersebut membuktikan bahwa pemberian model pembelajaran TGT memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar passing bawah dan passing atas bolavoli.

Kata Kunci : TGT , Hasil Belajar, Passing Bawah, Passing Atas

Abstract

In Physical Education, Sport and Health student get material volleyball games. One of the basic techniques volleyball games is forearm pass and overhand pass. For increase basic skill techniques under hand pass and overhand pass volleyball we need exactly to learning model one of which is learning model cooperative type Teams Games Tournament (TGT). In learning model cooperative type Teams Games Tournament (TGT) activity mostly educators using this to give motivation students, increase students interest, and make the atmosphere of learning be enjoyable. The purpose this research is 1. To known if there is the influence or not about learning model cooperative type Teams Games Tournament (TGT) against outcome study about learning under hand pass and overhand pass on volleyball material in Physical, Sports and Health Education on VII class at junior highschool Muhammadiyah 8 Tanggulangin, 2. To known about how many influence learning model cooperative type Teams Games Tournament (TGT) against outcome study about learning under hand pass and overhand pass on volleyball material in Physical, Sports and Health Education on VII class at junior highschool Muhammadiyah 8 Tanggulangin. This research is an experimental study with a quantitative approach. The sample in this research is three classes taken randomly at junior highschool Muhammadiyah 8 Tanggulangin. The instrument used is use knowledge test and test under hand pass and overhand pass. The analysis technique is look for mean value, deviation standard, variance, test normality, count t-test, and count big percentage. The results showed that the influence about learning model cooperative type Teams Games Tournament (TGT) apparently given a significant to students experimental group is 48.12% and 49.10%, while the control group is 1.09% and 14.87. This proves that giving about learning model cooperative type Teams Games Tournament (TGT) can get a significant influence against outcome study about learning under hand pass and overhand pass on volleyball.

Keywords: TGT, Outcome Learning, Under Hand Pass, Over Hand Volleyball






Published
2018-11-05
Section
Articles
Abstract Views: 177
PDF Downloads: 247