PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN METODE PEMBELAJARAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA STUDI PADA SISWA KELAS V SDN LEMINGGIR KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

  • ANGGA PRASETYO UTOMO

Abstract

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar adalah masalah yang sangat komplek yang melibatkan keseluruhan aspek pembelajaran, salah satunya pada materi renang gaya dada. Bagi siswa materi pembelajaran merupakan hal yang baru sehingga guru harus mempunyai strategi untuk memusatkan dan melihat perhatian siswa pada proses pembelajaran, memotivasi siswa serta menjadikan pembelajaran menjadi efektif dan optimal. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran langsung dan tidak langsung. Berdasarkan dari hasil penelitian dengan populasi sebanyak 33 siswa terdiri dari 16 siswa kelompok pembelajaran langsung dan 17 siswa kelompok pembelajaran tidak langsung, hasil pre-test metode pembelajaran langsung dengan skor hasil pre-test renang gaya dada kelompok metode pembelajaran tidak langsung dengan skor rata-rata 955, standar deviasi 8,26, varian 68,229, skor terendah dan tertinggi masing-masing sebesar 50,0 dan 75 hasil post-tes renang gaya dada kelompok metode pembelajaran tidak langsung dengan skor rata-rata 1140, standar deviasi 7,638, varian 58,333, skor terendah dan tertinggi masing-masing sebesar 60,0 dan 90,0. Dan hasil skor post-test metode pembelajaran langsung hasil pre-test renang gaya dada kelompok metode pembelajaran langsung dengan skor rata-rata 1040, standar deviasi 6,966, varian 48,529, skor terendah dan tertinggi 50,0 dan 70,0 hasil post-test renang gaya dada kelompok metode pembelajaran langsung dengan skor rata-rata 1175, standar deviasi 5,925, varian 35,11, skor terendah dan tertinggi masing-masing sebesar 60,0 dan 80,0. Dengan demikian siswa kelas V SDN Leminggir lebih meningkat hasil belajar renang gaya dada dimana presentase peningkatan hasil belajar renang gaya dada kelompok metode pembelajaran langsung adalah 13% sedangkan kelompok metode pembelajaran tidak langsung yaitu sebesar 19%. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan tetapi tidak terlalu signifikan antara metode pembelajaran langsung dengan metode pembelajaran tidak langsung.

Kata Kunci : Renang Gaya Dada, Metode Pembelajaran.

Abstract

Teaching and learning activities are very complex problems that involve all aspects of learning, one of which is the breaststroke swimming material. for students learning material is a foreign matter so the teacher must have a strategy to focus and capture students attention to the learning process, motivate students and make learning effective and optimal. One strategy used is to apply direct and indirect learning methods. Based on the results of the study with a population of 33 students consists of 16 students in the direct learning group and 17 students in the indirect learning group, the results of the pre-test method n direct learning with the score of the results of the Pre-test swimming breaststroke group indirect learning method with an average score of 955, standard deviation 8.26, variants 68.222, lowest score and highest respectively amounting to 50.0 and 75 Results of the post-breaststroke swimming test group of indirect learning methods with an average score of 1140,standard deviation 7,638, variants of 58,333, lowest and highest scores of 60,0 and 90.0, respectively. And the results of the post-test score of the direct learning method results of pre-test swimming breaststroke group direct learning method with an average score of 1040, Standard deviation 6.966, variant 48,529, lowest and highest score 50,0 and 70,0 results Post-test pool group breaststroke direct learning method with an average score of 1175, standard deviation of 5,925, variants of 35,11, lowest and highest scores of 60,0 and 80,0, respectively. Thus the fifth grade students of SDN Leminggir increased the results of breaststroke swimming learning where the percentage increase in swimming breaststroke learning outcomes in the group of direct learning methods was 13% while the indirect learning method group was 19%. Based on the explanation above, it can be concluded that there are differences but not too significant between direct learning methods and indirect learning methods.


Keywords : Chest Style Swimming, Learning Methods.









Published
2018-11-22
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 47