Penerapan Pendekatan TaktisTerhadap Hasil Belajar Passing dan Controlling dalam Sepak Bola

  • M ROBITH ABDULLAH FARABI

Abstract

Abstrak

Pada suatu pembelajaran PJOK materi dalam permainan bola besar khususnya sepakbola terdapat berapa teknik dasar yang dikuasai sepertipassing dan controling.Namun, bagi siswa yang baru mengenal teknik dasar dalam sepakbola tentu akan mengalami kesulitan. Olehkarenaitudiperlukanpendekatan yang sesuai, salahsatunyayaitupendekatantaktis. Pendekatan tersebut menekankan pada keaktifan gerak siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan taktis terhadap peningkatan hasil belajar passing dan controling dalam sepak bola. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan pendekatan kuantitatif.Desain yang digunakanyaituRandomized Controling Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Lamongan dengan mengambil 2 kelas sampel, dimana 1 kelas digunakan sebagai kelompok kontrol, sedangkan 1 kelas selain sebagai kelompok eksperimen. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Data penelitian menunjukkan bahwa terdapat ada pengaruh yang signifikan antara pemberian perlakuan penerapan pendekatan taktis terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar0 ,002.Sedangkan untuk analisis data T hitung> T tabel kelompok eksperimen yaitu (9.92 > 2.03) dan untuk analisis data T hitung> T tabel kelompok control yaitu (4.12 > 2.03) pada taraf signifikansi 5%. Serta selisih nilai antara kelompok kontrol dan eksperimen cukup besar yaitu sebesar 75,47 %.

Kata Kunci :PJOK, sepak bola, pendekatan taktis , passing dan controlling

Abstract

In PJOK learning, the material of big ball games, especially soccer, has some basic techniques that must be mastered such as passing and controlling. However, for students who learning that techniques for the first time will face difficulties. Therefore an appropriate approach is need. Tactical approach emphasizes the active movement of students during the learning process. This determine applying a tactical approach to improving the results learning of passing and controlling in soccer. This type of research is a pure experiment with a quantitative approach. The design used is Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Subjects in this study were VIII grade students at SMPN 1 Lamongan by taking 2 sample classes, where 1 class was used as a control group, while 1 other class was an experimental group. Improved learning result are obtained. The research data there is a significant influence between the application of a tactical approach to improving student learning result as evidenced by a significance value of 0.002. As for data analysis T count > T table of the experimental group, is (9.92 > 2.03) and for data analysis T count > T table of the control group, is (4.12 > 2.03) at a significance level of 5%. And the difference in value between the control and experimental groups is quite large, amounting to 75.47%.

Keywords: PJOK, soccer, tactical approach, passing and controlling






Published
2018-12-04
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 97