PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP BOLABASKET (Studi Pada Kelas XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya)

  • FARHAN YUDISTIRA

Abstract


Abstrak


Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang memiliki fungsi dan peranan dalam peningkatan kemampuan peserta didik baik dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Dalam proses pembelajaran lay up bolabasket guru sepenuhnya mengambil peran dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan siswa lebih cenderung untuk mengikuti intruksi guru. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya dapat dijadikan sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan hasil belajar lay up bolabasket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar lay up bolabasket dalam pembelajaran PJOK dan seberapa besar pengaruh pada siswa kelas XI SMA di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Randomized Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas tahun ajaran 2017-2018 yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI IPA dan XI IPS, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPS 4 dengan jumlah siswa sebanyak 63 siswa. Penentuan pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling yang pemilihan kelas atau sampelnya dengan pilihan secara acak dan tidak mengistimewakan kelas atau kelompok masing-masing. Hasil analisis perhitungan diketahui bahwa hasil uji T mendaptkan peningkatan hasil belajar lay up bolabasket pada aspek pengetahuan dan keterampilan kelas XI IPA 4 kelompok eksperimen di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung aspek pengetahuan lay up bolabasket adalah 3.063 > 1.696 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05,adanya peningkatan. Nilai t hitung untuk aspek keterampilan lay up bolabasket 4.569 > 1.696 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05,adanya peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek pengetahuan lay up bolabasket sebesar 16% dan peningkatan pada aspek keterampilan lay up bolabasket sebesar 59%.

Kata Kunci : Pengaruh metode tutor sebaya, hasil belajar lay up bolabasket.

Abstract

Physical Education, Sports and Health are subjects that have functions and roles in enhancing the ability of students both from the competence of knowledge and skills. In the process of learning and learning basketball teachers fully take a role in teaching and learning activities, while students are more likely to follow teacher instruction. Learning with peer tutoring methods can be used as one of the effective ways to improve learning outcomes in lay-up basketball. The purpose of this study was to determine whether or not the influence of peer tutoring learning methods on learning outcomes in basketball lay-up in PJOK learning and how much influence on class XI students in SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The type of research used is pseudo experimental research with a quantitative approach and the research design used in this study is Randomized Group Pretest Posttest Design. The population in this study were all students of class XI High School 2017-2018 school year consisting of 2 classes namely XI IPA and XI IPS, the sample used in this study were students of class XI IPA 4 and XI IPS 4 with a total of 63 students . Determination of sample selection using cluster random sampling that selects the class or sample with a random choice and does not privilege each class or group. The results of the calculation analysis, it is known that the results of the T test show that there is an increase in the learning outcomes of lay up basketball on aspects of knowledge and skills in the XI IPA class 4 experimental groups in Kemala Bhayangkari 1 High School 1 Surabaya. This is indicated by the t value of the knowledge aspect of the basket lay up knowledge is 3,063> 1,696 and the significant value p is 0.00 <0.05, meaning that there is a significant influence. T count values ​​for skill aspects of basketball lay-up were 4,569> 1,696 and significant values ​​of p were 0.00 <0.05, meaning that there was a significant effect. This is indicated by an increase in the knowledge aspect of basketball lay up by 16% and an increase in the skills of basketball lay-up skills by 59%.

Keywords: Effect of peer tutoring methods, learning outcomes of lay-up basketball.















Published
2018-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 42