PENGARUH VARIASI GERAK MANIPULATIF DENGAN MEDIA BOLA SPON TERHADAP PENINGKATAN GERAK DASAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI

  • ACHMAD FEBRI WIDYANTO

Abstract

Abstrak

Aktivitas Pendidikan Jasmani pada siswa Sekolah Dasar (SD) berbeda dengan aktivitas jasmani pada anak dewasa karena anak bukanlah orang dewasa dalam sangat dipikirkan, direncanakan, dan dilaksanakan dengan teliti mulai dalam merangkai materi pelajaran, metode pembelajaran, menyiapkan sarana prasarana, dan bagaimana cara menyajikan materi, pemberian tugas maupun penyederhanaan peraturan-peraturan dalam pembelajaran. Pembelajaran pendidikan jasmani di SD harus disesuaikan dengan karakter, usia, dan kemampuan gerak anak. Dalam hal ini pembelajaran yang sesuai karakter SD yang pada dasarnya suka bermain dan dapat dimodifikasi berbentuk pada penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sesuai karakter anak. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada SD dapat berbentuk media yang beragam seperti bola plastik dan bola spon sebagai alat untuk mempermudah pembelajaran disini saya mengambil media bola spon karena bentuk dan berat yang sesuai dengan kemampuan anak. Dalam hal ini khususnya pada pembelajaran bola voli.Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Kedurus III Surabaya, yang beralamatkan di Jl. Bogangin I No.48, Kedurus, Karang Pilang, Kota Surabaya. Sampel yang digunakan merupakan 1 rombel kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kedurus III Surabaya. Sampel dipilih menggunakan teknik pengambilan cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Teknik ini memberi kesempatan yang sama bagi semua rombel agar terpilih menjadi sampel penelitian. Dengan demikian kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas IV A yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil uji t untuk pembelajaran servis bawah bola voli mendapatkan nilai thitung 34,913 > nilai ttabel 1,699. Dengan kata lain bahwa pemberian pembelajaran media bola spon ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar servis bawah bola voli. Pada pembelajaran bola voli terjadi peningkatan sebesar 34,19% adalah signifikan dan dapat diberlakukan (digeneralisasikan) ke populasi. Hal ini menjadi bukti bahwa pemberian pembelajaran menggunakan media bola spon berpengaruh terhadap hasil belajar servis bawah bola voli.

Kata Kunci : hasil belajar, servis bawah bola voli, media bola spon

Abstract

The activity of physical education in Elementary School is different from the physical activity with older kids because the Elementary students are not adult in the aspect of thought, plan and done carefully starting from compiling the materials, learning method, preparing the equipment and facility, how to deliver the material, giving task along with simple orders from the lessons. The learning of physical education in Elemntary School must be compatible with character, age and ability of the kid’s behaviour. In this case, the appropriate lessons for the Elementary Student’s character which is basically likely to play around can be modified into the use of lesson object. The use of object lesson is aimed to create a joyfull lesson that suitable with their characters. School Students can be form of plastic or sponge ball as a materials for teaching. Most importanly in volley ball. This research was done in Kedurus III Elementary School of Surabaya which is addressed in Bogangin I No. 48, Kedurus, Karang Pilang, Surabaya. The sample used in this reasearch is all student of grade 4 in Kedurus III Elementary School of Surabaya. It uses cluster random sampling that is randomly choosing the sample. This technic gives a same opportunity for all study group in order to be choosen as a reasearch sample. This way, the choosen class that elected to be a sample is IV A with total 30 students. From the result of under hand serve in volley ball get score 34,913 > nilai tabel 1,699. In other words, the use of sponge ball in the activity lesson gave improvement with amount 34,19% is significant and could be generalisation to public. This was a prove that the use of sponge ball influented with the result of under hand serve lesson.

Keywords : learning outcomes, service under volley ball, spons ball media


Published
2019-01-03
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 112