PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI

  • KOAN AGUNG DWI SAPUTRO

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi dan informasi dalam proses pembelajaran kepada siswa. Dalam pembelajaran PJOK khususnya materi passing bawah bolavoli, agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan maksimal oleh siswa, maka guru harus dapat memanfaatkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menerapkan metode pembelajaran teams games turnament (TGT) agar dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams games turnament (TGT) terhadap hasil belajar PJOK materi permainan bolavoli pada siswa kelas X di SMAN 1 Trawas. Untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan metode teams games turnament (TGT) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas X di SMAN 1 Trawas. Hasil dari penelitian ini diperoleh adanya pengaruh yang positif terhadap pembelajaran siswa yang menggunakan metode teams games turnament (TGT) dengan hasil uji yang menunjukkan nilai aspek pengetahuan adalah 4.515>2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00<0.05, aspek keterampilan adalah 6.979>2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00<0.05. Peningkatan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan sebesar 17%, aspek keterampian sebesar 39%.

Kata kunci: TGT, passing bawah bolavoli.

Abstract

Learning method was tool used by teachers to convey material and information in the learning process to students. In PE learning especially under passing volleyball material, so that the material presented can be received well and maximally by students, the teacher must be able to utilize learning methods that can improve student learning outcomes. Researchers applied the TGT learning method to improve learning outcomes under volleyball passing. The purpose of this study is: to determine the effect of TGT type cooperative learning on learning result of PE volleyball game material in class X in SMAN 1 Trawas. To find out the magnitude of the effect of using the results of learning under passing volleyball in class X in SMAN 1 Trawas. The results of this study obtained the positive influence of the the results of the test shows the value of aspects of knowledge is 4.515>2.024 and a significant p value of 0.00<0.05, the skill aspect is 6.979>2.042 and a significant p value of 0.00<0.05. Increasing student learning result in aspects of knowledge as big as 17%, skill aspect as big as 39%.

Keywords: TGT, underhand passing volleyball.






Published
2019-01-03
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 139