PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Probolinggo)

  • IMAM ALFAUZUN MUBIN

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu ataupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik, melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan ketrampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak atau karakter. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, berhasil tidaknya pembelajaran ditentukan oleh peran guru sebagai pendidik yang berarti meneruskan dan mengembangkan keterampilan gerak pada peserta didik, sehingga proses pembelajaran pendididkan jasmani dapat berjalan dengan baik.

Banyak metode pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar dribble. Akan tetapi dalam kenyataan dan praktik di lapangan masih terdapat banyak siswa yang masih belum paham akan materi yang di sampaikan oleh guru.Untuk itu di perlukan sebuah metode pembelajaran lain yang di rancang dengan menggunakan kemampuan teman sebaya pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Probolinggo.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola kelas XI SMA Negeri 2 Probolinggo.

Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI dengan jumalah total 222 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 yang terdiri dari 31 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola yang dibuktikan dari nilai aspek keterampilan thitung (5,631) > ttabel (2,045) dengan taraf signifikan 0,05 dan aspek pengetahuan thitung (3,654) > ttabel (2,045) dengan taraf signifikan 0,05.

Kata kunci: Metode tutor sebaya, hasil belajar, dribbling sepakbola.

.

Abstract

Physical education is one of someone’s process as a person or society grup with consciously and systematic, through any activities to get ability and skill of physical, growth, intelligence, and built character. In physical education learning, would say it’s working or not, can be decided from teacher’s role as a educator which means developing move skill to students, until physical education learning process can be work.

Many learning method which used to increasing student’s ability to control dribble based move. But in fact, practically in field, there are many students who don’t understood yet about sub-subject who gave by teacher. For that reason, would needed to be another learning method which created using peer tutor’s ability in student class XI SMA Negeri 2 Probolinggo.

This research has purpose, 1) To know whether there is effect of peer tutor learning method can be increasing student’s learning result. 2) To see how big effect of peer tutor learning method to football dribble learning result in class XI SMA Negeri 2 Probolinggo.

Population on this research are all classes of XI grade consist 220 students. Sample on this research is MIPA 4 class consist 31 students that choosed by cluster random sampling technical.

Based on research has done, can take a conclusion that there is significant effect of peer tutor to footbal

dribbling learning result, which proven by value of skill thitung 5,31> ttabel 2,045 with significant degree 0,05 and value of knowledge thitung 3,654> ttabel 2,045 with significant degree 0,05 .

Keywords: Peer tutor method, learning result, football dribbling.






Published
2019-01-03
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 30