PERBEDAAN PERILAKU DISPLIN DALAM PEMBELAJARAN PJOK ANTARA SISWA AKTIF EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN TIDAK PADA SISWA KELAS XI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

  • SUNU DIAGUSTA AKBAR

Abstract

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka ialah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran, yang ditujukan menambah pengetahuan dan pembelajaran yang belum didapat dipelajaran umum di sekolah. Nilai – nilai yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka salah satunya nilai disiplin, yang akan tertanam pada diri siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Maka akan berpengaruh pula terhadap perilaku disiplin siswa di kegiatan sekolah lainnya, terutama pada pembelajaran PJOK.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan perilaku disiplin dalam pembelajaran PJOK antara siswa aktif ekstrakurikuler pramuka dan tidak siswa kelas XI SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Serta untuk mengetahui manakah perilaku disiplin dalam pembelajaran PJOK yang lebih tinggi. Sampel peneltian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo sejumlah 38 siswa, yang terdiri dari 14 siswa aktif ekstrakurikuler pramuka dan 24 siwa tidak aktif ekstrakurikuler pramuka. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket perlaku displin dalam pembelajaran PJOK, serta analisis menggunakan uji t.

Ada perbedaan perilaku disiplin siswa dalam pembelajaran PJOK antara siswa aktif ekstrakurikuler pramuka dan tidak pada siswa kelas XI SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Dibuktikan dengan hasil uji t didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,038 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil nilai rata – rata skor yang diperoleh antara siswa aktif ekstrakurikuler pramuka dan tidak aktif ekstrakurikuler pramuka memiliki selisih rata – rata 8,03. Untuk perilaku disiplin dalam pembelajaran PJOK yang lebih tinggi yaitu siswa aktif kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Dibuktikan dari hasil persentase perilaku disiplin pembelajaran PJOK siswa aktif ekstrakurikuler pramuka dengan persentase 64.3% memilki tingkat perilaku disiplin tinggi, kemudian 35.7% memiliki tingkat perilaku disiplin sedang, dan tidak ada siswa yang memiliki tingkat prilaku rendah.

Kata Kunci: Perilaku disiplin, ekstrakurikuler pramuka.

Abstract

Scout extracurricular activities are activities carried out outside of main school activities, which are intended to increase knowledge and learning that have not been obtained in general lessons at school. The values instilled in scout extracurricular activities one of it is discipline values, which will be embedded in students who are active in scout extracurricular activities. Then it will also persuade the discipline behavior of students in other school activities, especially in PJOK learning.

This study aims to determine whether there are differences in disciplinary behavior in PJOK learning between students who active in scout extracurricular and students who inactive in scout extracurricular of XI class in SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, and to find out which discipline behavior in learning PJOK higher. The sample of this study were students of XI calss IPA 7 with 38 students, consisting of 14 active scout extracurricular students and 24 inactive scout extracurricular students. The method of data collection used a discipline behavior questionnaire instrument in PJOK learning, and analysis used the t test. There are differences in students disciplinary behavior in PJOK learning between active scout extracurricular students and inactive students of XI class in SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. It is proven by the results of the t test obtained a significance value of 0.038 <0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. The results of the average score obtained between active scout students and non-active scout extracurricular students have an average difference of 8.03. For discipline behavior in higher PJOK learning, that students who active in scout extracurricular activities. It is evident from the results of the percentage of PJOK learning discipline behavior of scout active extracurricular students with a percentage of 64.3% having a high level of discipline behavior, then 35.7% having moderate disciplinary behavior levels, and no students having low behavioral levels.

Keyword : Discipline behavior, scout extracurricular




Published
2019-01-09
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 251