Penerapan Small Sided Games Terhadap Hasil Belajar Passing dan Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Sepakbola

  • RAHMAWATI AL ADHA NIKMAH

Abstract

Abstrak

Penggunaan small sided games dalam penerapan pembelajaran materi sepakbola dengan ukuran lapangan yang lebih kecil dan sedikit jumlah pemain dari aturan sepakbola yang sebenarnya, diharapkan dapat meningkatkan situasi peserta didik untuk melakukan aktif bergerak, dapat bermain dengan antusias tinggi, dan merasa senang mendapatkan kesempatan lebih banyak bermain, bersentuhan dengan bola. Sehingga dapat meningatkan keterampilan dan pengetahuan materi passing peserta didik dalam melakukan teknik dasar passing dengan menggunakan kecepatan reaksi dan ketepatan perkenaan bola pada saat menerima dan memberi bola dalam memberikan umpan kepada rekan dalam satu tim, serta dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti pembelajaran sepakbola dengan diberikan. Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari hasil belajar passing sepakbola dan motivasi siswa yang diberikan perlakuan small sided games, diperoleh hasil distribusi data pada kelompok eksperimen ranah pengetahuan saat pretest diperoleh rata-rata sebesar 70,02 meningkat menjadi 75,23 saat posttest, dengan sig (0,002), ranah keterampilan diperoleh rata-rata sebesar 61,11 meningkat menjadi 78,54 dengan sig (0,000), menggunakan uji non parametrik (Wilcoxson). Sedangkan pada aspek motivasi diperoleh rata-rata sebesar 138,70 meningkat menjadi 158,07 dengan sig (0,000), menggunakan uji parametrik T-test Dependent Sample (Paired Sample Test). Dengan taraf signifikan 0,05 yang bermakna bahwa lebih kecil daripada 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan small sided games, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan pada hasil belajar passing sepakbola dan motivasi siswa antara kelompok eksperimen yang diberi perlakuan small sided games dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan, uji beda pengaruh yang dilakukan dengan menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney Test. Kriteria pengujiannya adalah jika p value < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan jika p value > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Hasil uji beda pengaruh pada hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol ranah pengetahuan menunjukkan bahwa nilai p value (0.006), ranah keterampilan nilai p value (0,000), dan motivasi nilai p value (0,000) dengan taraf signifikan 0,05 yang bermakna bahwa lebih kecil daripada 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen dan kontrol, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penghitungan diperoleh peningkatan hasil belajar penerapan model small sided games pada kelompok eksperimen ranah pengetahuan sebesar 7,40%, keterampilan sebesar 28,50%, dan dalam ranah motivasi sebesar 14,4%. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penerapan small sided games pada kelompok eksperimen memiliki peningkatan yang lebih signifikan dari pada kelompok kontrol.

Kata Kunci: Small Sided Games, Sepakbola, Passing.

Abstract


Application of Small Sided Games in the football learning designed with smaller field size and few players from the actual football rule, is expected to improve students to more active, be able to play with high enthusiasm, and enjoy to get more learning opportunities to touch the ball. So that it can enhance the knowledge and skill of passing technique using speed reaction and ball accuracy when they receive and give the ball in a team. If will able to increase student the motivation to take part in football learning by giving games in the small sided games. Learning outcome of passing and motivation of students given treatment for the small sided games, according the distribution data from the pretest and posttest, score the experimental group known that the average of knowledge score is 70,02 increased to 75,23 with sig (0,002), the skill aspect 61,11 increased to 78,54 sig (0,000), this research with used Non Parametric (Wilcoxson). In the other aspect, that is known of the motivation is 138,70 increased to 158,07 sig (0,000), this research with used Parametric T-Test dependent sample (Paired Sample Test). This research used Non Parametric (Mann-Whitney Test). The result criteria is, if p value < 0,05, means H0 rejected and H1 accepted. According to the learning result from experiment and control group, the knowledge aspect show that p value (0,006), skill (0,000) and motivation (0,006). With significance 0,05, it means smaller than 0,05. It can decide that there is difference effect test significance influence to the experiment and control group, means H0 rejected and H1 accepted. Result of the application Small Sided Games in the experiment group, which the following score are, knowledge 7,40%, skill 28,50%, and motivation 14,4%.

Keywords: Small Sided Games, Passing, Football.
Published
2019-01-12
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 69