PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN COLOURS PAPER TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND TENIS MEJA

  • ADITIYA REZA ABDUL ROHMAN

Abstract

Abstrak

Modifikasi permainan colours paper adalah suatu cara dalam mengembangkan materi pengajaran dengan cara lebih mudah, menyenangkan dan menarik untuk diterapkan dalam bentuk aktifitas belajar agar dapat memperlancar siswa dalam belajarnya serta tercapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan media colous paper atau kertas warna pada tenis meja. Pembelajaran menggunakan modifikasi permainan colours paper dapat dilaksanakan dimana saja tidak harus di meja tenis meja. Modifikasi permainan colours paper dapat dirancang dengan berbagai variasi. Bisa menggunakan berbagai macam warna dan sasaran. Dengan menggunakan pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengarahkan pukulan ke berbagai sasaran. Berdasarkan hasil penghitungan pada tabel 4.3, dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata pre test sebesar 1,33 dan meningkat dengan rata-rata peningkatan 5,31 menjadi 3,28 pada saat post test. Peningkatan tersebut diuji menggunakan Wilcoxon dan menghasilkan nilai Z sebesar -2,393 dengan signifikansi 0,017 < 0,05. Dapat disimpulkan akhir bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran modifikasi permainan colours paper terhadap keterampilan pukulan forehand tenis meja.

Kata kunci: Modifikasi Permainan Colours Paper , Forehand, Tenis Meja

Abstract

Modification of the color paper game is a way of developing teaching material in an easier, fun and interesting way to be applied in the form of learning activities in order to facilitate students in learning and to achieve learning goals by using colous paper or color paper on table tennis. Learning using modifications to the color paper game can be carried out anywhere you dont have to at the table tennis table. Modifications to the color paper game can be designed with various variations. Can use various colors and targets. Using this learning is expected to be able to improve students ability to direct blows to various targets. Based on the results of calculations in table 4.3, it can be explained that the average pre test value is 1.33 and increases with an average increase of 5.31 to 3.28 during the post test. The

increase was tested using Wilcoxon and resulted in a Z value of -2,393 with a significance of 0.017 <0.05. It can be concluded at the end that there is a significant influence on the learning modification of the color paper game on table tennis forehand skills.

Keywords: Modifications Games Colors Paper, Forehand, Table Tennis

Published
2019-03-22
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 377