Penerapan Small Sided Games Terhadap Hasil Belajar Passing dan Control Dengan Kaki Bagian Dalam Sepakbola

  • MUHAMMAD MUHIB ROMDLONI / M. MUHIB ROMDLONI

Abstract

Abstrak

Small sided games merupakan salah bentuk permainan yang mirip dengan sepak bola, yang membedakan bisa dilihat dari ukuran lapangan serta aturan permainan tentunya. Permainan sepak bola memiliki aturan yang baku sedangkan permainan small sided games tidak memiliki aturan yang baku dan tentunya harus telah disepakati dulu oleh tim yang berlaku. Small sided games versi permainannya ada berbagai macam tergantung tim ingin menggunakan versi yang mana tentunya, karena lapangan berukuran kecil tentu harus memiliki daya konsetrasi yang tinggi. Tujuan dari permainan ini meningkatkan akurasi umpan maupun penerimaan bola serta pengambilan keputusan, yang nantinya tentu dapat diterapkan pada sepak bola sesungguhnya. Dari hasil pengolahan data pada kelompok eksperimen diperoleh peningkatan hasil belajar penerapan small sided games dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu pada kelompok eksperimen aspek pengetahuan untuk passing sebesar 13,6% dan control sebesar 22,4%, aspek keterampilan untuk passing sebesar 23,3% dan control sebesar 14,1%. Sedangkan untuk hasil perhitungan pada kelompok kontrol diperoleh peningkatan hasil belajar penerapan small sided games dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu pada kelompok eksperimen aspek pengetahuan untuk passing sebesar 3,5% dan control sebesar 10,3%, aspek keterampilan untuk passing sebesar 17,5% dan control sebesar 11,5%. Dapat diketahui dari variabel passing maupun control kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar dari kelompok kontrol baik dari ranah pengetahuan maupun keterampilan sehingga terdapat pengaruh dari penerapan small sided games terhadap hasil belajar passing dan control dengan kaki bagian dalam sepak bola.

Abstract

Small sided game is a form of game that is similar than football, but the difference can be seen from the size of the field and the rules of the game. Football games have standard rules while small sided games do not but rules are made which certainly must be agreed upon by the teams playing. The version of the small sided games is vary depending on what version the team want to use, because using small-sized field certainly need high concentration. The purpose of this game is to increase the accuracy of passing and receiving as well as decision making, which will certainly be applicable in real football game. The results of data processing in the experimental group showed an increasement in learning outcomes after the implementation of small sided games. It is proved by the calculation of the percentage of influence, i.e. in the experimental group, aspects of knowledge for passing is 13.6% and control is 22.4%, while aspects of skills for passing are 23.3% and controls are 14.1%. As for the results of calculations in the control group, there was an increasement in learning outcomes after the implementation of small sided games. This is evidenced by the calculation of the percentage of influence, i.e. in the experimental group aspects of knowledge for passing is 3.5% and control is 10.3%,while aspects of skills for passing is 17.5% and control is 11.5%. It can be seen that the passing and control variables of the experimental group experienced a greater increasement from the control group, both knowledge and skills domains. From these data it can be concluded that there is an influence from the implementation of small sided games to the results of passing and control learning by using the inner foot in soccer.


Published
2019-04-12
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 57