PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG MIRING TERHADAP HASIL BELAJAR GULING BELAKANG DAN TINGKAT KECEMASAN (Studi pada siswa kelas X SMAN 7 Surabaya)

  • MUHAMAD FAUZI ANTONI
  • SUDARSO

Abstract

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran bidang miring adalah suatu cara dalam mengembangkan materi pelajaran dengan cara lebih mudah dan menarik untuk diterapkan dalam bentuk media pembelajaran yang dimodifikasi agar kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat tersampaikan dengan baik. Pembelajaran menggunakan media bidang miring yang beralaskan matras yang memadai. Dengan menggunakan media pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dan mengurangi tingkat kecemasan siswa. Berdasarkan hasil perhitungan hasil spss anova one way bahwa nilai rata-rata keterampilan dari kelompok eksperimen saat pretest sebesar 38.67 dan meningkat sebanyak 92.71% menjadi 74.52 pada saat posttest selisih antara pretest dan posttest sebanyak 35.85 Sig 0.000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan karena nilai Sig kurang dari 0.05. Tingkat kecemasan juga menurun 30.99% dari pretest 63 menjadi 43.48 dengan Sig 0.000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan karena nilai Sig kurang dari 0.05. Dapat disimpulkan akhir bahwa ada pengaruh yang signifikan pada kegiatan belajar mengajar yang menggunakan media pembelajaran bidang miring terhadap hasil belajar guling belakang dan tingkat kecemasan pada siswa kelas X di SMAN 7 Surabaya.

Kata Kunci: Bidang Miring, Hasil Belajar, Kecemasan.

Abstract

The utilization of inclined plane learning media is one of the best ways in developing learning materials easier. It can be applied in teaching and learning process. Moreover, by using this media learning and teaching process will be well conveyed. It can also improve the students’ ability and reduce students’ anxiety. According to the result of this research, the value of the average skills of the experimental group at pretest was 38.67 and increased by 92.71% to 74.52. However, the posttest showed difference between the pre-test and post-test as much as 35.85 Sig 0,000. So it can be concluded there was a significant effect because the Sig value was less than 0.05. The level of anxiety also decreased 30.99% from pretest 63 to 43.48 with Sig 0,000 so it can be concluded there was a significant effect because the sig value was less than 0.05. In conclusion, the researcher concluded that there was significant effect on teaching and learning activities by using inclined plane learning media towards back rolling learning outcomes and anxiety levels in class X students at SMAN 7 Surabaya.

Keywords: Leaning Field, Learning Results, Anxiety.

Published
2019-04-16
Section
Articles
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 205