PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN WHOLE PRACTICE DENGAN PART PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEDANGAN

  • SABILA AYU WULANDARI
  • SUDARSO

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran adalah sebuah cara mengajar yang akan diberikan kepada peserta didik, sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan dapat menumbuhkan minat belajar. Penyampaian pembelajaran diperlukan metode saat mengajar sehingga penyampaian dapat berjalan efesien karena, pembelajaran yang akan disampaikan adalah gerakan dribble yang penguasaan bola harus dikuasai oleh individu sehingga peneliti membandingkan antara whole practice dengan metode part practice untuk pembelajaran dribble bola basket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dan seberapa besar pengaruh antara metode pembelajaran whole practice dan part practice terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo yang mengikuti pembelajaran PJOK di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan sebuah data perbandingan antara metode pembelajaran whole practice dan part practice, untuk kelas whole practice tes pengetahuan pre test – post test memiliki rata-rata 50,42 dan 52,36; memiliki selisih 1,94 dan hasil peningkatan sebesar 3,84% sedangkan untuk keterampilan pre test – pos test memiliki rata-rata 58,72 dan 60,78; dengan selisih 2,06 dan peningkatan sebesar 3,50%. Kelas part practice memiliki nilai pengetahuan pretest-posttest ­rata-rata 63,14 dan 68,29; selisih 5,15 dan peningkatan sebesar 8,15% untuk nilai test keterampilan pretest-posttest memiliki rata-rata 55,74 dan 63,43 dan memiliki peningkatan sebesar 13,79%, sehingga dari data diatas dapat disimpulkan pemberian metode pembelajaran part practice lebih baik daripada metode pembelajaran whole practice.

Kata kunci: Metode pembelajaran, metode pembelajaran keseluruhan, metode pembelajaran bagian.

Abstract

Learning Method is a technique aimed for teaching students. The purpose of the technique is to develop the interest to learn in students and so that the learning process is achieved well. In learning delivery, the method of teaching is required in order to make the delivery efficient. The comparison of whole practice and part practice method has done because the learning that will be showcased is dribbling movements which should be mastered per individual along with its ball possession mastery. The aim of this study are to understand the difference and how big the influence is between whole practice and part practice learning method on the result of Basketball dribbling practice conducted by SMP Negeri 2 Gedangan Class VIII students. Based on the result of the study, data comparison between whole practice and part practice learning method is achieved, with whole practice group possessing an average of 50,42 and 52,36 in pre test- post test knowledge tests (difference of 1,94 and improvement as much as 3,84% in points) while having pretest-posttest skills in an average of 58,72 and 60,78 (difference of 2,06 and improvement as much as 3,50% in points). On the other hand, part practice group possesses pre test –post test knowledge tests value in an average of 63,14 and 68,29 (difference of 5,15 and improvement as much as 8,15% in points) while the pre test – post test skill tests score is averaging at 55,74 and 63,43 (improvement as much as 13,79% in points). From the data above, it is concluded that part practice learning method is better than whole practice learning method.

Keywords: Learning of methods, whole practice, part practice.


Published
2019-04-23
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 56