PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM SEPAKBOLA

  • ARMANDA

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan jasmani merupakan salah satu bagian dari pendidikan yang mengutamakan kegiatan fisik dan spiritual. pendidikan jasmani bertujuan untuk menumbuhkan dan bmengembangbangkan jasmani, mental, dan emosional. Guru sebagai pendidik berkewajiban untuk membimbing siswa dengan memberikan pengetahuan dan memfasilitasi proses pembelajaran secara kreatif dan sistematis. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengembangkan hasil belajar siswa yang disebut pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas XI siswa Driyorejo 1 SMK Negeri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh jenis pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) pada hasil belajar pasing menggunakan kaki bagian dalam sepak bola. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) hasil belajar pasing menggunakan kaki bagian dalam di sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kelompok kontrol desain pre-test post test acak.

Berdasarkan hasil analisis SPSS 20,0 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan Thitung 0,786> Ttabel 1,67866 dengan sig = 0,436 (<α = 0,050) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, passing dalam, sepakbola.

ABSTRACT

Physical education is one part of education that prioritizes physical and spiritual activities. Physical education aims to grow and develop balaned physial, mental, and emotional. Teachers as educators are obligated to guide students by providing knowledge and facilitating the learning process creatively and systematically. Therefore, it is required a learning model which can develop student learning outcomes named cooperative learning type Numbered Head Together (NHT) in class XI students Driyorejo 1 State Vocational School.

This study aims to determine whether there is the influence of cooperative learning type Numbered Head Together (NHT) on the results of learning passing using the inner leg in football. Moreover, it aims to determine how much the influence of cooperative learning type Numbered Head Together (NHT) on the result of passing learniting using the innet leg in football. This research is an experimental study with a quantitative approach. It uses a randomized control group pre-test post test design.

Based on the results of SPSS 20.0 analysis it can be concluded that there is a significant effect of cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) toward learning outcomes of passing using the inner leg (Tcount 0.786> Ttable 1.67866) in significant value = 0.436 (<α = 0.050). It means the H0 is rejected and Ha is accepted.

Keywords: NHT type cooperative learning, learning outcomes, passing deep, football.






Published
2019-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 37