PENGARUH PERMAINAN KIPPERS TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 SURABAYA

  • FRANSISKUS PUSPOADITYO

Abstract

Abstrak

Keterampilan motorik pada proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, karena keterampilan motorik akan mempengaruhi seluruh gerak pada saat siswa tersebut mengikuti kegiatan belajar mengajar. Meteri permainan kippers merupakan materi yang baru bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya, dengan tersedianya lahan yang mencukupi, peralatan yang mudah dicari, dan peraturan yang mudah menjadi keuntungan untuk menyampaikan meteri permainan kippers.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kippers terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan jika ada, seberapa besar pengaruh permainan kippers terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan. Sampel penelitian ini mengunakan 2 kelompok, yaitu kelas VIII E dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol.

Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh permainan kippers terhadap keterampilan motorik siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya karena dari hasil analisis menunjukan bawah nilai thitung sebesar -0,329 ≤ ttabel 2,660 dengan Sig = 0,742 ≥ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata kunci: permainan kippers, keterampilan motorik.

Abstract

Motoric skills in education process is very important. It affects the students movements while following the teaching and learning activities. Kippers game material was a new program for the Class VIII students, in Public Junior High School 20 Surabaya. However, it has a simple rules, easy to find tools, and sufficient field game which makes it more beneficial to use kippers materials.

The purpose of this research was to find out the effect of Kippers Game on student’s motoric skills in physical education class. Moreover, this research aims to inquire the significant effect of Kippers game on student’s motoric skills in physical education class. This research used 2 groups samples, Class VIII E with 33 students as experiment group and Class VIII D with 31 students as control group.

The data analysis showed that there were no effects of Kippers Game on student’s motoric skills in physical education class. It is proven by the value of tcount-0,329 ≤ ttabel 2,660 with Sig = 0,742≥ α = 0,05 which indicated that H0 was accepted and Ha was rejected.

Keywords : Kippers Game and Motoric Skills.










Published
2019-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 65