PEMBERIAN VARIASI MODEL LATIHAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 12 MADIUN

  • ABDUL ROZZAQ

Abstract

Abstrak

Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk para siswa dalam aktivitas belajar mengajar dibawah pengawasan guru. Di dalam sekolah terbagi menjadi dua bentuk kegiatan yaitu kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler seperti kegiatan di dalam jam pelajaran sekolah, sedangkan ekstrakurikuler yaitu kegiatan yang berada diluar jam pelajaran sekolah. tujuan kegiatan ekstrakurikuler sekolah yaitu untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimilikisiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi model latihan passing bawah bolavoli di ekstrakurikuler SMP Negeri 12 Madiun. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 12 Madiun dengan jumlah populasi 22 siswa. Pendekatan dalam analisis penelitian ini menggunakan jenis statistik kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Bentuk tes pretest dan posttest menggunakan tes keterampilan passingbawah melalui atas net/tali dari AAHPERD.Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan statistik, dapat diketahui bahwa nilai peningkatan setelah dilakukan pemberian treatment variasi model latihan passingbawah bolavoli sebesar 26,13%, selain dilihat dari besarnya peningkatan juga dapat dilihat dari hasil pretest (29,55) dan posttest (37,27) sehingga terdapat selisih 7,72. Hasil ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian variasi model latihan passing bawah pada ektrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 12 Madiun.

Kata Kunci: Variasi,Passing, Ekstrakurikuler

Abstract

School is an education institution for students to learn under the supervision of teachers. There are two kinds of activities conducted at school; intracurricular and extracurricular. Intracurricular activities are those conducted in school hours while extracurricular activities conducted outside the school hour. The purpose of extracurricular activities itself is to improve students’ talents and skills.The study was aimed to find the impact of the stimuli on volleyball forearm pass practice model variation in Junior High School 12 Madiun extracurricular program. The subjects of this study were all students in volleyball extracurricular in Junior High School 12 Madiun with 22 students as the population. The study used statistic quantitative approach using One Group Pretest Posttest Design as the research design. The pretest and posttest used forearm passing skill above the AAHPERD net.The analysis of the statistic data showed that there was an improvement after they were given forearm passing practice model variation to 26.13%. Besides, it could also be seen from the difference between the pretest (29.55%) and posttest (37.27%) that made 7.72 points different. This result proved that there was significant impact on the use of forearm pass practice model variation in volleyball extracurricular in Junior High School 12 Madiun.

Keywords: Passing, Variation, Extracurricular






Published
2019-05-10
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 651