SURVEI PELAKSAAN PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH (INTRA KURIKULER)

  • ALFIAN DWI PUTRA

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan kesehatan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran pendidikan jasmani yang wajib untuk disampaikan. Hal tersebut telah diatur dalam UUD no.24 tahun 2013 tentang kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Pendidikan kesehatan dianggap suatu hal yang sangat penting untuk diajarkan karena diharapkan dapat menambah wawasan bagi siswa tentang kesehatan sehingga mereka dapat melindungi diri dari berbagai penyakit dan ancaman-ancaman lain. Tujuam dari penelitian ini adalah1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksaan pendidikan kesehatan sekolah di (SMP/MTs) se-Kecamatan Karangbinangun. 2) Untuk mengetahui apakah materi pendidikan kesehatan sekolah di (SMP/MTs) se-Kecamatan Karangbinangun tersampaikan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan menggunakan populasi SMP/MTs se-Kecamatan Karangbinangun yang berjumlah 8 sekolah dengan total sampel 56 sampel.Hasil dari penelitian ini yaitu pendidikan kesehatan di SMP/MTs se-Karangbinangun sudah 50% tersampaikan sedangkan 50% belum tuntas atau tersampaikan. Pendidikan kesehatan disana masih terhalang oleh terbatasnya pengetahuan guru PJOK tentang pendidikan kesehatan sekolah karena faktor latar belakang guru yang bukan guru olahraga murni atau bukan lulusan fakultas olahraga. Metode yang paling banyak digunakan yaitu ceramah atau penjelasan secara lisan menggunakan media papan tulis, Lcd Proyektor, dan buku pegangan. Sistem evaluasi yang digunakan kebanyakan adalah tanya jawab setelah penjelasan dan UTS serta UAS.

KATA KUNCI: Pendidikan Jasmani, Pendidikan Kesehatan, Pelaksanaan

ABSTRACT

Health Education is one of material that should be explained in Physical Education. Based on Indonesian Govermant law no. 24 at 2013 which is ruled about core compentensy and basic competency. The Health Education is an important subject to be taught because it can be developed the knowledge for the students about health. So, it makes the students can protect themselves from illness and other disease.The aims of this research are to know the implementation of Health Education in Junior High School at Karangbinangun area and to know what the material of Health Education can be explained well.The method that used in this research is descriptive qualitative and the total of population are 8 schools in Karangbinangun area with total sample 56 participants.The finding of thisresearch shows that Health Education in Junior High School at Karangbiangunarea, 50% has been explained and 50% has not explained yet. Health Education was still explaining yet because some factors. Such as, less of knowledge about Health Education by physical education teacher, and the background knowledge of the teacher that basically is not physical education teacher or they were not alumnus of physical education department. The most method that use is communicative learning which are used some media. For examples, whiteboard, led projector, and based on a book. And the most evaluation system that used is question and answer section after the explanation, midterm exam, and final exam.

KEYWORD : Health Education, Body Education, Implementation






Published
2019-05-10
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 163