SURVEI PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI TERHADAP TERLAKSANANYA PENDIDIKAN KESEHATAN DI SMP SE- KECAMATAN LAKARSANTRI KOTA SURABAYA

  • WAWAN SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah, yang seperti dibayangkan sebagian orang. Kualitas seorang guru adalah sangat penting bagi kelangsungan pendidikan kepada peserta didik sebagai generasi yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa dan negara tercinta ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran seorang guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam menyampaikan materi yang ada di dalam Kompetensi Dasar (KD) untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tingkat SMP se- Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil sampel dari populasi dan menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini ada 9 sekolah di kecamatan lakarsantri yakni SMPN 40 Surabaya, MTsN 2 Surabaya, SMPN 28 Surabaya, SMP Nurul Huda, SMP IT AT Taqwa, SMP IT Ustman Bin Affan, SMP Lab. School Unesa, SMP Ciputra, dan MTs Bina Insani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan memiliki berbagai karakteristik untuk menunjang terlaksananya materi pendidikan kesehatan di mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan di SMP se-Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya maka dari itu peran guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan terhadap terlaksananya pendidikan kesehatan adalah baik dan besar keterlaksanaan pendidikan kesehatan sebesar 70%.

Kata Kunci: Kompetensi Dasar, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP

Abstract


Teacher has a critical role on education. Furthermore, the quality of a teacher will determine the education goal. This study aims to analyze the role of a physical education teacher in delivering health education topic for physical education subjects at the junior high school level in Lakarsantri Subdistrict, Surabaya City. This study was conducted by using survey methods. It used questionnaire as data collection instruments. There were 9 sampels from the whole population who were involved in this study. They were state junior High School of 40 Surabaya, State MTs of 2 Surabaya, State Junior High School of 28 Surabaya, Nurul Huda Middle School, Taqwa Middle School IT, Usman Bin Affan Middle School, Lab Middle School. Unesa School, Ciputra Middle School, and bina Insani MTs. The results of this study indicates that the role of physical education teachers has various characteristics to support the implementation of health education material at physical education subjects on junior high school in Lakarsantri Subdistrict, Surabaya. Therefore the role of physical education teachers in the implementation of helath education is significant, with the contribution toward health education 70%.

Keywords: Basic Competence, Physical, Education, Sports, and Health, Middle School











Published
2019-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 65