Pengaruh Penerapan Metode Circuit Training Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket

  • DESY KARTIKA PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Circuit training adalah latihan fisik yang terdiri dari beberapa pos yang masing-masing gerakan latihan berbeda. Perbedaan pos satu dengan pos lainnya adalah beban latihan atau tingkat kesulitan gerak. Penggunaan metode circuit training dapat divariasikan dengan modifikasi permainan dalam setiap pos agar pembelajaran menyenangkan dan fokus pada materi dengan pembagian beberapa pos tersebut. Penerapan metode circuit training diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dribble bola basket siswa. Berdasarkan table dapat dijelaskan.bahwa nilai rata-rata saat pretest.kelompok eksperimen sebesar 44,8103.meningkat menjadi 68,9793 saat posttest dengan beda 16,336. Uji beda yang yang digunakan adalah T-test dengan nilai signifikansi.0,000. Taraf signifikan.pada penelitian ini adalah 5 % jika nilai signifikan < 0,05 maka dikatakan ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan jika nilai sig > 0,05 maka data dikatakan tidak ada pengaruh yang signifikan. Nilai signifikan.yang diperoleh sebesar 0,000.yang artinya < 0,05 ada pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen. Besarnya pengaruh yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah 16%. Dapat disimpulkan bahwa terjadinya pengaruh kepada kelompok eksperimen, setelah melalui pembelajaran dribble bola basket dengan metode circuit training.

Kata kunci: Metode Circuit Training, Dribble, Bola Basket

Abstract

Circuit training is a physical training that consists of several particular movement posts. The differences between one post and another is the training load or the level of difficulty of its movement. The using of circuit training methods can be varied by modifying the game in each post. It makes learning process more focus and fun on the material by dividing some of these posts. The implementation.of the circuit training method is expected to improve students basketball dribble learning outcomes. Based.on the result, it.can.be explained that the average value at the.pretest of the experimental group is 44,8103 and become 68,9793. The posttest difference is 16,336. The different test used the T-test with a significance value of 0,000. Significant level in this study is 5% if a significant value <0.05, it is said that there is a significant effect. Whereas if the value of sig> 0.05 then the data is said to have no significant effect. Significant value in this study is 0,000. It means there is a significant influence on the experimental group. The magnitude of the effect given to the experimental group was 16%. It can be concluded that the influence of the experimental group occurred after going through basketball dribble learning using the circuit training method.

Keywords: Circuit Training Method, Dribble, Basketball






Published
2019-05-17
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 70