PENGARUH VARIASI LATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HULAHOOP DAN TALI TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS BOLA VOLI

  • ANDY KURNIAWAN WAHYUDI

Abstract

Abstrak

Dalam mewujudkan suksesnya pendidikan terdapat dua kegiatan yaitu kegiatan intra dan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dalam hal ini juga memiliki peran penting dalam pengembangan potensi diri siswa dan sebagai wahana untuk meraih prestasi non akademik. Pada ekstrakurikulerbolavoli di SMAN 4 Sidoarjo, siswa masih kesulitan dalam mengarahkan arah bola saat melakukan serve, sehingga pada saat pertandingan cenderung serve yang dilakukan mudah di antisipasi oleh lawan, padahal serve itu adalah serangan pertama yang bertujuan untuk mematikan lawan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengadakan penelitian dengan menggunakan media (hulahoop dan tali) untuk materi serve pada olahraga bolavoli.Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan penggunaan variasi latihan dengan penggunaan media hulahoop dan tali untuk meningkatkan ketepatan servis atas pada siswa ekstrakurikuler di SMAN 4 Sidoarjo.Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu, penelitian diarahkan untuk menganalisis hasil distribusi data pretest dan posttest dari satu kelompok sampel (onegrouppretestposttestdesign). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes ketepatan servis (AAPHER, 1969). Tes tersebut digunakan untuk mengukur ketepatan servis siswa. Subyek penelitiannya adalah siswa ekstrakurikuler SMAN 4 Sidoarjo. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji T. Hasil peningkatan keterampilan peserta setelah mengikuti metode ini meningkat sebesar 0,95833 (0,96%), yang dilihat dari nilai rata – rata pre-test dan post-test. Dengan demikian menggunakan metode variasi latihan dengan alat bantu hulahoop dan tali dapat memembantu dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci : Variasi, Ketepatan, Servis atas, Bola voli


Abstract

To achieve the objectives of the education unit there are two important activities carried out in schools, namely intracurricular and extracurricular activities. Extracurricular activities have an important role in developing students personal potential and as a vehicle for achieving non-academic achievements. At volleyball extracurricular activities in SMAN 4 Sidoarjo, students still have difficulty in directing the direction of the ball when serving, so that during the game they tend to serve which is easily anticipated by the opponent, even though the serve is the first attack aimed to make a score, researchers want to conduct research by using media (hulahoop and rope) for serving material on volleyball.This study aims to test the success of the use training variation with the using media (hulahoop and rope) to improve the accuracy of top service for extracurricular students at SMAN 4 Sidoarjo. The research design used was experimental design. The study was directed to compare the results of the distribution value pre test and post test data from one sample group (one group pre test post test design). The data collection method used was the service accuracy test (AAPHER, 1969). The test is used to measure the accuracy of student service. The research subjects were extracurricular studentsof SMAN 4 Sidoarjo. The data analysis used was the normality test and the T. test. The results, participants’skill improve after following this method. It increased by 0.95833 (0.96%), which was seen from the average value of the pre-test and post-test. Thus ,by using the method of variation in training with hulahoop and rope tools can help in the learning process to improve student learning outcomes.


Keywords : Variation, Accuracy, Over head service volleyball




Published
2019-06-15
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 83