SURVEI TINGKAT KETERLAKSANAAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

  • RENJES LALA NEGARA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan sistem yang menyeluruh dan menjadi satu. Untuk mensukseskan pembangunan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan diperlukan upaya dari semua pihak guna membuat dan meningkatkan proses pembelajaran olahraga dapat berjalan dengan baik serta efektif dan efisien. Sarana dan prasarana merupakan hal penting untuk melancarkan proses belajar dan mengajar, khususnya untuk mata pelajaran olahraga agar tercipta suatu pembelajaran yang menyenangkan tanpa kesulitan dalam melakukan gerakan karena sarana dan prasarana yang tercukup, tidak hanya sarana dan prasarana tetapi faktor tenaga pendidik juga harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan persepsi dalam melakukan aktivitas pembelajaran olahraga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi pendidikan, olahraga, dan kesehatan yang ada pada SD Negeri se-Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep dengan menggunakan instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani Indonesia (PDPJOI) yang mencakup 4 aspek yaitu ketersediaan sarana dan prasarana, tenaga pelaksana, hasil kerja 1 tahun terakhir serta prestasi dan penghargaan 1 tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei untuk mengetahui keadaan langsung di lapangan, berdasarkan dari hasil dan rekapitulasi data didapatkan bahwa tingkat keterlaksanaan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dari aspek sarana dan prasarana mendapat nilai rata-rata 142,5 yang masuk dalam kategori nilai “C,” aspek tenaga pelaksana mendapat nilai rata-rata 135,6 dan masuk dalam kategori nilai “C,” hasil kerja 1 tahun terakhir mendapat nilai rata-rata 191,2 dan masuk dalam kategori nilai “B,” serta aspek dari prestasi dan penghargaan 1 tahun terakhir mendapat nilai rata-rata 45 dan masuk dalam kategori nilai “D,” dari nilai yang telah disebutkan sebelumnya maka nilai total dari tingkat keterlaksanaan di SD Negeri se Kecamatan Gapura mendapat nilai 483,7 dan masuk dalam kategori “C.”

Kata Kunci : Tingkat keterlaksanaan, PJOK, sekolah dasar

Abstract

Physical education is an integrating and comprehensive system. Thus, it requires support from every compontens in order to achive the goal. Phyisical education teacher and the availability of facility are the important components in physical education. This research was conducted to determine the physical education condition of public elementary schools in Gapura District, Sumenep, East Java. This research used the Indonesian Physical Education Data Base Intrument (PDPJOI) which covers 4 aspects such as the availability of facilities and infrastructure, physical education teachers, the results of the work of the past year, achievements and awards for the past year. This research used survey method to find out the actual conditions. Based on the data recapitulation, it is found that the everage of physical education facilities and infrastructure condition is 142.5 which is in the category of "C". Furthermore, the physical education teacher average is 135.6 which falls into the category of "C". The work results of the past year average score is 191.2 and falls into the category of value "B". The last, the achievement and awards for the past year average score is 45 and falls into the category "D". Totally, the physical education condition score in primary schools in the Gapura area is 483.7 and falls into the category "C."
Keywords: level of implementation, physical education, primary school




Published
2019-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 57