SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • MUHAMMAD MASRUL

Abstract

Abstrak

PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) ialah proses dalam pendidikan yang mana melalui pengalaman belajar mengajar siswa, yang berupa aktivitas jasmani, bermain dan berolahraga yang direncanakan secara sistematik guna merangsang pertumbuhan dan perkembangan fisik, keterampilan motorik, keterampilan berpikir, emosional, sosial dan moral. PJOK dapat mendorong suatu perkembangan siswa khususnya yang ada didalam pemeliharaan kebugaran jasmani bagi semua peserta didik. Kebugaran jasmani terdapat beberapa aspek fisik dari kebugaran yang menyeluruh, yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan suatu hidup yang produktif, sanggup untuk melakukan aktifitas fisik yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik. Subjek didalam penelitian ini merupakan peserta didik SMP Laboratorium Unesa dengan jumlah sampel 131 peserta didik. Pendekatan dalam analisa ini menggunakan pendekatan stastitik kuantitatif dengan metode survei. Sedangkan proses pengambilan suatu data dilakukan dengan menggunakan MFT (Multistage Fitnes Test). Hasil analisa statistik didapatkan bahwa peserta didik SMP Laboratorium Unesa yang masuk dalam kategori sangat kurang sebanyak 118 peserta didik dari jumlah total 131 dengan presentase 90%, peserta didik yang masuk dalam kategori kurang sebanyak 10 dari jumlah total 131 peserta didik dengan presentase 7%, peserta didik yang masuk dalam kategori sedang sebanyak 2 dari jumlah total 131 peserta didik dengan presentase 2%, peserta didik yang masuk kategori baik hanya 1 dengan presentase 1%, sedangkan peserta didik yang masuk kategori sangat baik dan luar biasa sebanyak 0 dengan presentase 0%. Presentase terbesar tingkat kebugaran jasmani SMP Laboratorium Unesa adalah kategori sangat kurang dengan presentase 90%..

Kata Kunci: Seluruh Peserta Didik SMP Laboratorium Unesa, Tingkat Kebugaran Jasmani

Abstract

Physical education is conducted in a systematically physical activities, game and sport to stimulate the students’ physical growth, the development of motoric, intelligence, emotion, social and moral. Particularly, It develop the students’ physical fitness. The physical fitness is the aspect of fitness that enable students to do more productive physical activities. The main idea of the research is to find out the students fitness level. There were 131 student of Lab school UNESA junior high school participated as the subject of the research. The approach applied is quantitative statistic with the survey method. The data collecting techniques is MFT (multistage fitness test). Based on the statistic analysis, there are 118 students in the lowest fitness category (90 % of 131 students), 10 students in the low category (7% of 131 students), 2 students in average category (2% of 131 Students) and 1 student only in good category (1 % of 131 students) and no students in the best category (0% of 131 students). The highest percentages of Lab school UNESA students’ fitness category is the lowest category that is 90 %.

Keywords: All of the students of junior high school in UNESA’s laboratory, level of physical fitness.










Published
2019-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 94