PERBANDINGAN AKTIVITAS FISIK SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA JAM PELAJARAN KE- 1,2,3 DENGAN JAM PELAJARAN KE- 4,5,6

  • SALAFIYAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbandingan aktivitas fisik siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada jam pelajaran ke- 1,2,3 dengan jam pelajaran ke- 4,5,6. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Sampel yang digunakan berjumlah 46 siswa di SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. Dalam penelitian ini menggunakan 2 Analisis yaitu analisis rekaman durasi dan analisis aktivitas fisik dengan tes U Mann-whitney. Hasil dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas fisik siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada jam pelajaran ke- 1,2,3 dengan jam pelajaran ke- 4,5,6. Hasil yang diperoleh sebesar sig. 0.003 < 0.05. Sehingga dapat diketahui kelas pada jam pelajaran 4,5,6 lebih banyak melakukan aktivitas fisik daripada kelas yang pada jam 1,2,3. Hasil rekaman durasi menunjukkan bahwa selama pembelajaran berlangsung siswa sebagian besar hanya melakukan aktivitas fisik yang dikategorikan sebagai kegiatan menunggu dan melakukan kegiatan kognitif.

Kata Kunci : Aktivitas Fisik, Jam Pelajaran

Abstract

The purpose of this study is to compare the physical education activity at 07.00-09.00 am with 09.30-11.30 am. The researcher used 46 students as the sample at Beji Pasuruan 1 Junior High School. This study used 2 analyzes techniques, namely duration record analysis and physical activity analysis with the Mann-Whitney U test. The results of the study showed that there are significance differences in the physical education activity at 07.00-09.00 am with 09.30-11.30 am. The results showed that sig. 0.003 < 0.05. So that it can be seen that classes in class 07.00-09.00 am have more physical activity than classes 09.30-11.30 am. The result of duration recording showed that during learning process the students only do activities as categorize as a waiting and cognitive activities.

Keyword: Physical Activity, Lessons






Published
2019-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 98