Pengaruh Metode Bermain Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 21 Surabaya

  • KHOIRUL ANAM

Abstract

Abstrak

Metode bermain adalah cara untuk menyajikan materi pembelajaran untuk mata pelajaran di luar ruangan. Metode ini memungkinkan siswa untuk bermain dan mendapatkan atau menemukan konsep seperti dalam buku teks. Metode bermain sesuai untuk diterapkan dalam pendidikan jasmani karena cenderung dilakukan di luar kelas. Selain itu, metode bermain dapat memotivasi siswa karena mereka menikmati permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap kemampuan motorik siswa melalui aktivitas bermain yang harus dilakukan dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam memenuhi tugas gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi exsperimental) dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 21 Surabaya dan teknik pengumpulan data adalah menggunakan Barrow Motor Ability Test. Data yang didapatkan merupakan hasil tes kemampuan motorik untuk setiap siswa. Selain itu, data dianalisis dengan pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain dapat meningkatkan keterampilan motorik siswa dalam kelompok eksperimen yang dibuktikan dengan skor persentase efektivitas, yaitu 6%. Skor ini diindikasikan bahwa metode bermain dapat membawa pengaruh signifikan pada kemampuan motorik siswa karena peningkatan positif muncul setelah metode bermain diberikan dalam 4 pertemuan, oleh karena itu ada perbedaan yang signifikan dalam hasil pre-test dan post-test.

Kata Kunci: Metode bermain, Kemampuan motorik

Abstract

Playing method is a way to present learning materials for outdoor subject. This method allows the students to play in order to gain or find a concept as in the textbook. Playing method is appropriate to be implemented in physical education since it tends to be done outside the class. Moreover, playing method can motivate the students, because they enjoy playing a game. The research aims to investigate the effect of playing method to students’ motor skill through playing activity which has to be done in teaching and learning process. Therefore, it was expected that the students could be more active in fulfilling the motion task. This research used quasi experimental method which specifically applied one-group pretest-postest design. The subjects of this research were eight grader students of Junior High School 21 Surabaya. The data collection technique was conducted by a test through Barrow Motor Ability Test. The data formed as number which was the motor ability test result for each student. Moreover, the data were analyzed by hypothesis testing to investigate the effect of the given treatment. The result shows that the playing method could increase the students’ motor skill in experiment group which was proved by the score of the effectiveness percentage, it was 6%. This score was indicated that playing method could bring significant effect to students’ motor skill since the positive improvement appeared after the playing method was given in 4 meetings, therefore there was a significant difference in pre-test and post–test result.

Keywords: Playing method, motor skill






Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 127