HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECUKUPAN ENERGI DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA UKM KARATE UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • DIHNARTY FITRIA ALIMMAWATI

Abstract

Abstrak

Setiap orang membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.Energi di dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari.Zat-zat gizi yang dapat memberikan energi adalah karbohidrat, lemak dan protein.Oksidasi zat-zat gizi ini menghasilkan energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas.Untuk itu setiap individu harus memenuhi asupan gizinya sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecukupan energi dengan kebugaran jasmani mahasiswa UKM karate Universitas Negeri Surabaya.Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif non eksperimen yaitu melibatkan data dalam bentuk angka. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa yang masih aktif mengikuti kegiatan latihan di UKM Karate Universitas Negeri Surabaya besar populasinya sebanyak 31 mahasiswa.Dari hasil analisis data penelitian yang menggunakan tabulasi silang, uji hipotesis dan chi-square dapat diketahui bahwa tingkat kecukupan energi tidak memiliki hubungan dengan tingkat kebugaran jasmani dengan nilai sig p = 0,113 (p>0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Asupan karbohidrat tidak memiliki hubungan dengan tingkat kebugaran jasmani dengan nilai sig p = 0,868 (p>0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Asupan protein tidak memiliki hubungan dengan tingkat kebugaran jasmani dengan nilai sig p = 0,288 (p>0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dan asupan lemak memiliki hubungan dengan tingkat kebugaran jasmani dengan nilai sig p = 0,009 (p<0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara tingkat kecukupan energi dengan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa UKM karate Universitas Negeri Surabaya tidak terdapat hubungan yang signifikan.

Kata Kunci :Tingkat Kecukupan Energi, Tingkat Kebugaran Jasmani

Abstract

Everyone needs energy to do daily activities. The energy of our body is influenced by the amount of food which is eaten everyday. The energy sources are carbohydrates, fats, and proteins. The oxidation process will produce energy which is needed to do activities. However, everyone has to fulfill certain nutrient based on his activities.The purpose of the study is to know the correlation between the student energy level and physical fitness levels in Karate Club of Surabaya State University. This is a descriptive research with non-experimental quantitative approach by using number datas. The population is the students who are participating at Karate Club of Surabaya State University. The number of population are 31 students. The data were analysed by using crosstabulation, hypothesis test, and chi-square. Itshows that the level of energy need which has a sig value of sig p = 0,113 (p>0,05), then H0 is accepted and Ha is refused. Carbohydrate need has a sig value of sig p = 0,868 (p>0,05), then H0 is accepted and Ha is refused. Protein need has a sig value of sig p = 0,288 (p>0,05), then H0 is accepte and Ha is refused. Fat need has a sig value of sig p = 0,009 (p<0,05), then H0 is refused and Ha is accepte. It can be concluded that there is not significant correlationship between the student energy need level and physical fitness levels of Karate Club of Surabaya State University.

Key Words: The Adequacy of Energy, Physical Fitness Levels






Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 147