PENGARUH PEMANASAN MENGGUNAKAN PERMAINAN KECIL TERHADAP TINGKAT KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • MUHAMMAD SHOLIHIN

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya siswa tidak menghendaki adanya kebosanan dalam pembelajaran, karena pembelajaran yang dapat membosankan merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Untuk itu, guru dalam mengawali proses pembelajaran dengan suatu yang menarik supaya membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Hal tersebut juga digambarkan pada siswa kelas VIII MTsN 1 Pacitan, diketahui bahwa ketika proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tidak semua siswa mengikuti pembelajaran dengan baik, dikarenakan pada saat pembelajaran cenderung kurang menarik sehingga siswa tersebut kurang bersemangat dan tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. Akan tetapi ketika saat pemanasan memberikan permainan maka semangat dan kesiapan siswa meningkat saat materi pembelajaran berlangsung siswa terlihat antusias sekali dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanasan menggunakan permainan kecil terhadap tingkat kesiapan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII MTsN 1 Pacitan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Bentuk tes pre-test dan post-test menggunakan menghitung denyut nadi sebelum dan sesudah pemanasan. Untuk analisis data menggunakan non parametrik yaitu wilcoxon. Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan statistik, diketahui bahwa adanya pengaruh pemanasan menggunakan permainan kecil terhadap tingkat kesiapan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII MTsN 1 Pacitan dengan nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan hasil 12,97 > 2,031. Sedangkan besarnya pengaruh pemanasan menggunakan permainan kecil terhadap tingkat kesiapan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII MTsN 1 Pacitan yaitu sebesar 9,70%.

Kata kunci: Pemanasan menggunakan permainan kecil, tingkat kesiapan.

Abstract

Students do not enjoy the boredom in learning process participation, because that is not fun. For this reason, the teacher needs to involve something interesting to make students more enthusiast in following physical education. It is known that not all students in the eighth grade of MTsN 1 Pacitan participate well when the physical education class, because it tends to be less attractive. So, students are less eager and not enthusiastic to participate in learning. But when the warm-up is started by a game, the enthusiasm and readiness of students are increase. Students look very enthusiastic in following the learning. The aim of this study was to know the effect of warming up by small games on the level of readiness of students in physical education class at MTsN 1 Pacitan. The type of the research was an experiment with a quantitative approach. The sample in this study were 64 students, consisting of 32 students of eight B class as the experimental group and 32 students of eight C class as the control group. The sampling technique were cluster random sampling. The form of the pre-test and post-test uses a pulse rate before and after warming-up. The data analysis was non parametric, wilcoxon. Based on the data analysis, it can be seen that there is a significant influence of warming using small games on the level of readiness of students in learning physical education in eighth grade students of the MTsN 1 Pacitan with a significant level of 0,000 < 0,05. This is evidenced by the value of tcount is greater than ttable with the result of 12.97 > 2.031. While the magnitude of the effect of warming using small games on the level of readiness of students in learning physical education in eighth grade students of the MTsN 1 Pacitan that is equal to 9.70%.

Keywords: Warming up using a small games, level of readiness.









Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 91