PEMANFAATAN BOLA SPON TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKODONO
Abstract
Abstrak
Bola spon yaitu salah satu bolavoli yang digunakan untuk memudahkan anak saat melakukan aktivitas fisik olahraga agar tidak mengalami rasa sakit saat bersentuhan dengan bola sehingga anak dapat dengan mudah mempelajari dan mempraktekkan passing bawah bolavoli saat pelajaran PJOK karena bola spon tergolong ringan dibanding dengan bolavoli standar pada umumnya. Bola Spon merupakan bola plastik polos yang lapisi dengan spon bergambar logo atau tulisan. Bola spon memiliki berat sekitar 100-110 gram, diameter bola spon 8 inci/20.32cm, dan ukuran keliling lingkaran bola spon 63,8cm. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan bola spon terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukodono. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan bola spon terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukodono. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Pree Test-Post test design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Sukodono sebanyak 10 kelas yaitu A, B, C. D, E, F, G, H, I, J dengan jumlah keseluruhan 310 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dari 10 kelas yang ada. Dari hasil analisa menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25 dapat diketahui hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Ada pengaruh pemanfaatan bola spon terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukodono tahun ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian kelompok ekperiment, pretest memiliki rata rata 72.667 dan posttest 83.1667. Sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata pretest 72.667 dan posttest 76.00. 2) Besarnya pengaruh pemanfaatan bola spon terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukodono tahun ajaran 2018/2019 yaitu sebesar 14.45%untuk kelompok eksperimen dan 4.58% untuk kelompok kontrol.
Kata Kunci : Bola spon, Bolavoli
Abstract
Sponge ball is a modification volley balls which is used to facilitate the students in doing physical training. So, students will not be hurt when they use the ball. Thus, students could learn and practice volley ball passing technique in PE lesson easily, because sponge ball is relatively light compared to standard volley ball. Sponge ball is a plain plastic ball which is covered by lettering sponge. Sponge ball weight is around 100-110 grams with the diameter of the sponge ball is 8 inches / 20.32cm and the circumference of the ball is 63.8 cm. The purposes of this research are to find out the effect of using sponge ball toward the volleyball under-passing learning outcome and also to find out the influence of using sponge balls on the volleyball under-passing learning outcomes for seventh graders at Junior High School 1 Sukodono. This research used quasi experiment and descriptive quantitative approach. While Randomized Control Group Pre-test and Post-test design is used in this study. The populations in this study were seventh graders from 10 classes of Junior High School 1 Sukodono. The ten classes are namely A, B, C. D, E, F, G, H, I and J with the amount of the students are 310 students. While the samples in this study were 2 classes from 10 existing classes. From the SPSS application (Statistical Product and Service Solution) 25 version analysis, it is found that there are two results in this study; 1) there is an effect of the use of sponge balls toward the volleyball under-passing learning outcomes on seventh graders at Junior Hight School 1 Sukodono year period 2018/2019. This is proven by the results of the experimental group assessment, the mean score of the pre-test is 72,667 and the post-test is 83.1667. For the control group, the mean score of pre-test is 72.662 and the post-test is 76.00; 2) the magnitude of the effectiveness of using sponge balls on the volleyball under-passing learning outcomes for seventh graders at Junior Hight School 1 Sukodono year period 2018/2019 is 14.45% for the experimental group and 4.58% for the control group.
Keywords : Sponge ball, Volleyball.