Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola

  • DWI YUDHA BIMANTARA

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan suatu pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani peserta didik serta meningkatkan mobilitas dalam meraih prestasi baik akademik maupun non akademik. Sebelum proses pembelajaran dilakukan, guru harus merancang model pembelajaran agar peserta didik termotivasi, fokus dan aktif dalam proses belajar. Dalam penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe TGT diimplementasikan sebagai model pembelajaran selama proses pembelajaran karena pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah salah satu model pembelajaran yang melibatkan semua peserta didik tanpa ada perbedaan status. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT diberikan dan seberapa besar model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar dribbling sepak bola. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan metode pendekatan kuantitatif. Randomized Pretest-Posttest Control Group Design sebagai desain penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes yaitu tes esai untuk ranah pengetahuan peserta didik terhadap dribbling dan tes dribbling sepak bola untuk ranah keterampilan. Treatment dilakukan selama dua kali pertemuan setelah pre-test diberikan dan dilanjutkan dengan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan peserta didik kelas X Akuntansi 2 sebagai kelompok kontrol mendapat 0,00 < 0,05 dan peserta didik kelas X Akuntansi 4 sebagai kelompok eksperimen mendapat 0,00 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh untuk dua kelompok tersebut, hanya saja persentase peningkatan yang lebih banyak terdapat pada kelompok eksperimen. Hal tersebut dapat dilihat dalam perhitungan persentase pengaruh, yaitu sebesar 24% untuk ranah pengetahuan dan 26% untuk ranah keterampilan dribbling. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar dribbling sepak bola pada kelompok eksperimen.

Kata Kunci : Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Dribbling Sepak Bola.

Abstract

Physical Education is a subject which aims to improve the physical fitness, spiritual and mobility in contributing students’ academic and non-academic achievement. Before the learning process is carried out, the teacher must design a learning model thus the students are motivated, focused and active in learning process. In this research, the Cooperative Learning Model Type TGT was implemented as a learning model during the learning process, because the Cooperative Learning Model Type TGT is one of the learning models that involving all students without any status differences. The aim of this study were to describe whether there influence after using Cooperative Learning Model type TGT and how much influence that learning model affected the learning outcomes of football dribbling. Researcher used quasi-experimental of quantitative approach. Randomized Pretest-Posttest Control Group Design has been applied as a research design. The researcher used written test to find out students’ dribbling knowledge and football dribbling test to determine students’ skill. In this study, the treatment was conducted for two meetings after the pre-test was given and continued it with the post-test. The finding showed that the significant value of X accounting 2 as a control group was 0,00 < 0,05. It is also indicated from X accounting 4 as an experimental group which got 0,00 < 0,05. Therefore, it could be said that there were and effects for two group but a higher percentage increase just found in the experimental group. It could be seen at the calculation of the influence percentage, which was 24% of dribbling knowledge and 26% of dribbling skill. It could be concluded that there was an effect of Cooperative Learning Model Type TGT on the football dribbling learning outcomes.

Keywords: Team Games Tournament (TGT), Learning Outcomes, Football Dribbling




Published
2019-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 88