Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket

  • DIMAS CANDRA PUTRA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar shooting bola basket. Penelitian ini sendiri dilakukan di SMP Negeri 21 Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif pada efektivitas belajar siswa dalam pembelajaran bola basket, dan menggunakan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest . Sampel kelas penelitian yang pertama berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrolnya. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes keterampilan yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Untuk rata-rata pretest sebesar 1.2857 dan untuk rata-rata posttest sebesar 1.7714. Sedangkan untuk nilai standart deviasi pretest sebesar 1.65514 dan untuk posttest sebesar 1.61037, dengan memiliki nilai varian pretest sebesar 2.739 dan nilai varian posttest sebesar 2.593. Untuk memastikan varian setiap kelompok sama atau sejenis, maka digunakan uji homogenitas yang memiliki nilai sebesar 0,005. Karena nilai signifikan kurang dari 0.05 maka dapat dikatakan bahwa varian dari populasi data tersebut adalah tidak sama. Sedangkan dari data hasil uji normalitas, nilai dari pretest sebesar 0,000 dan untuk posttest sebesar 0,001. Dikarenakan hasil data keduanya lebih kecil dibanding (5%) maka data tersebut tidak normal, karena distribusi data tidak normal maka menggunakan uji beda non-parametrik wilcoxon. Dari data uji beda non-parametrik wilcoxon ini memiliki nilai -2.473 dan signifikansi sebesar 0.013. Maka dapat dapat dinyatakan bahwa penelitian ini berpengaruh, karena nilai signifikan lebih kecil dibanding 0.05. Sedangkan untuk nilai besarnya peningkatan pretest dan posttest sebesar 4%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada pemberian reward terhadap hasil belajar shooting bola basket di SMP Negeri 21 Surabaya dengan peningkatan yaitu sebesar 4 %. Kata Kunci: Pemberian reward, Hasil belajar, Shooting bola basket.

Abstract

This research aims to determine the effect of rewarding in basketball shooting learning outcomes. The research was conducted in the Junior High School 21 Surabaya Academic Year 2019/2020. The research method in the research is quasi-experimental research with a quantitative approach to inquiry the effectiveness of student learning in basketball shooting and using the Randomized Control Group Pretest-Posttest research design. The research samples were 35 students for the experimental class and 29 students for the control class. The research instrument was the skill test which was given at the pretest and posttest. The average pretest is 1.2857 and posttest is 1.7714. Whereas the standard deviation pretest is 1.65514 and posttest is 1.61037. Furthermore, the variant value of pretest is 2.739 and posttest is 2.593. The homogeneity test is used to determine the variance of each group the same or similar, which has a value of 0.005. The variant of the data population is not the same because the significant value is less than 0.05. Whereas from the normality test results, the value of the pretest is 0,000 and for the posttest is 0,001. Because the results of the data are both smaller than (5%), the distribution data is not normal. Therefore, the Wilcoxon non-parametric difference test was used. From this data, the Wilcoxon non-parametric value is -2,473 and the significance is 0.013. It can be stated that this treatment has an effect because the significant value is smaller than 0.05. Whereas the value of the increase in pretest and posttest is 4%. From this research, it can be concluded that there is an effect of giving rewards to learning outcomes of basketball shooting at Junior High School 21 Surabaya with an increase of 4%.

Keywords: Giving reward, Learning outcomes, Shooting basketball.





Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 77