Penerapan Media Gadget Dalam Proses Pembelajaran Pada Materi Dribble Bola Basket

  • MOHAMMAD BURHANUDIN SULTON

Abstract

Abstrak

Media gadget adalah alat komunikasi dan informasi yang diciptakan dengan memiliki banyak fitur - fitur menarik yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup contohnya menggunakan media gadget pada saat disekolah yang berguna sebagai bahan untuk mencari informasi tentang pembelajaran yang terkait di dalamnya sehingga peserta didik dapat lebih mudah dalam mencari informasi yang diinginkan. Dalam penerapan media gadget diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar tentang materi dribble bola basket pada peserta didik. Berdasarkan perhitungan data yang diperoleh maka nilai yang terdapat pada saat pretest pengetahuan memiliki rata - rata sebesar 88,00 untuk posttest meningkat menjadi 96,67. Nilai pretest keterampilan memiliki rata - rata 36,23 untuk posttest meningkat menjadi 87,30. uji beda pretest dan posttest yang digunakan adalah uji wilcoxon dengan nilai signifikan 0,00 jika nilai signifikan < 0,05 maka dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan, jika nilai signifikan > 0,05 maka dapat dinyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan. Prosentase peningkatan untuk pengetahuan sebesar 8,96% sedangkan keterampilan sebesar 58,49% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan antara penerapan media gadget dalam proses pembelajaran pada materi dribble bola basket pada siswa kelas VII - B SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo setelah menggunakan gadget sebagai bahan untuk mencari informasi tentang pelajaran yang diajarkan.

Kata kunci: Media Gadget, Dribble, Bola Basket


Abstract

Media gadget is a tool of communication and information which has lots of interesting and useful features. media utilization in school emphazises on information gathering which is useful for student learning. Moreover, learners can be easier in finding the desired information. The implementation of media gadgets are expected to improve the results of dribble learning in basketball. Based on the data calculation, the average value contained by the time the pretest knowledge is 88.00 and posttest is 96.67. The average value of the pretest skill is 36.23 and posttest is 87.30. Pretest and posttest diferrences tes Wilcoxon was used with significant value 0.00. if significant value < 0.05 then can be expressed there is significant influence, if significant value > 0.05 then it can be revealed no significant effects. The knowledge percentage increasement 8.96% whereas the skills 58.49%. Thus, it can be concluded that there is a significant increase between the application of media gadgets in the learning process on dribble materials in basketball in grade VII-B junior high school 1 Waru Sidoarjo after using the gadget as an ingredient to find the suitable information about the lesson.

Keywords : Media Gadget, Dribble, Basketball






Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 39