PENERAPAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING DAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN SEPAKBOLA

  • AKBAR KARUNIA PUTRA

Abstract

Abstrak

Small Sided Games merupakan permainan sepakbola yang memperkecil ukuran lapangan dimana tidak membutuhkan ruang yang besar untuk main, Small Sided Games dapat diterapkan dalam pembelajaran PJOK terutama materi sepakbola. Penerapan Small Sided Games mempermudah pembelajaran sepakbola karena tempat dan peraturan permainan menyesuaikan kondisi yang ada, Small Sided Games memiliki jenis permainan yang dapat diterapkan dalam materi sepakbola. Sehingga dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik agar peserta didik termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sepakbola. Dari hasil perhitungan pada kelompok eksperimen diperoleh peningkatan penerapan Small Sided Games terhadap hasil belajar dibbling dalam ranah pengetahuan sebesar 16% dalam ranah keterampilan sebesar 97,5% dan dalam ranah motivasi sebesar 5,9%. Sedangkan untuk hasil perhitungan pada kelompok kontrol diperoleh peningkatan penerapan Small Sided Games terhadap hasil belajar dribbling dalam ranah pengetahuan sebesar 4,2% dalam ranah keterampilan sebesar 56,5% dan dalam ranah motivasi sebesar 2,7% berdasarkan hasil analisis pengujian data dapat disimpulkan bahwa penerapan Small Sided Games dalam kelompok eksperimen yang telah diberikan treatment memiliki peningkatan yang lebih signifikan dari pada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatmen dengan penerapan Small Sided Games.

Kata kunci : Small Sided Games, Sepakbola, Dribbling

Abstract

Small sided games is a modification football game with smaller field. It is easy to be implemented in physical education, because the rules and the place can be adjusted based on the real condition. Small sided games have various games which can motivate students in the football learning process. Based on the obtained data, the score for the experimental group increases on dibbling outcomes. The score for the experimental group consists of cognition, skill, and motivation are 16%, 97.5%, and 5.9% respectively. Meanwhile, the score for the control group of cognition, skill, and motivation are 4.2%, 56.5%, and 2.7%. In conclusion, it shows more significant increasement in the experimental group that had given treatment than the control group which no treatment during the lesson.

Keywords: Small Sided Games, Football, Dribbling.





Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 52