Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar Keterampilan Shooting dalam Sepakbola

  • GEZZA RIAN WIGANTARA

Abstract

Abstrak

Shooting merupakan salah satu teknik dalam pembelajaran sepakbola. Pembelajaran PJOK yang dilaksanakan oleh guru PJOK harus mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pencapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan tidak lepas dari pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Model pembelajaran yang diterapkan berdasarkan karakteristik siswa agar pembelajaran optimal dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Keterampilan Shooting dalam Sepakbola Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 17 Surabaya. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian semu dan menggunakan desain Randomized Control Group Pretest-Postest Design. Sampel adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 36 siswa. Untuk siswa yang mengikuti penelitian adalah 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan 19 siswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara siswa melakukan shooting ke dalam gawang bernomor sebanyak 3 kali kemudian diambil nilai yang terbaik. Perhitungan data yang digunakan berdasarkan pre-test dan post-test keterampilan shooting dalam sepakbola menggunakan SPSS versi 22. Metode yang digunakan dalam statistik adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji beda pre-test, pengujian Wilcoxon, Uji-T, uji beda post-test, dan peningkatan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 17 Surabaya diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hal itu diperkuat melalui hasil pengujian Wilcoxon yaitu pada nilai signifikan menunjukkan hasil sebesar 0,00 dengan nilai α adalah 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian hipotesis yang dipaparkan dapat diterima. Selain itu, peningkatan pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Keterampilan Shooting dalam Sepakbola adalah sebesar 59,19%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Team Games Tournament (TGT), Shooting dalam Sepakbola

Abstract

Shooting is one of the techniques in football. In physical education, the teaching which is conducted by physical education teachers must meet the teaching objectives. In order to achieve the teaching objectives, the implementation of learning model is needed. One of the learning model that can be implemented is cooperative learning model, namely Team Games Tournament (TGT). The learning model have to be chosen based on the characteristics of the students in order to help the students to learn efficiently and their learning outcome can be improved. The purpose of this research was to find out the effect of cooperative learning model Team Games Tournament (TGT) for eleventh grader students at Senior High School 17 Surabaya in football shooting skill. The design of this research was quasi-experimental research and Randomized Control Group Pretest-Postest Design. The sample of this research were students from XI Social Class 3 as the experimental group and students from XI Science Class 1 as the control group. There were 34 students in XI Social Class 3 and 36 students in XI Science Class 1. However, only 20 students from XI Social Class 3 and 19 students from XI Science Class 1 were involved in this research. The data was collected by asking the students to shoot the goal three times and the best score was chosen. SPSS 22 was used to calculate the pre-test and post-test shooting scores. The statistical procedure includes normality test, homogeneity test, different pre-test, Wilcoxon test, T-test, post-test different test, and improvement were used in this research. From the result, there is a significant effect of the treatment. It was certified through Wilcoxon test with significant is 0,00 (< 0,05). Therefore, the alternative hypothesis could be accepted. Besides, the Implementation of The Cooperative Learning Model type of Team Games Tournament (TGT) on The Result of Learning Skills of Shooting in Football is about 59,19%.

Keywords: Learning Outcome, Team Games Tournament (TGT), Football Shooting.







Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 98