HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DI LUAR JAM PELAJARAN PJOK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI

  • JOKO FRIDIO ANWAR

Abstract

Abstrak

Seiring perkembangan Iptek yang semakin modern membuat hidup semakin mudah, semakin membuat pola hidup pasif meningkat. Aktivitas fisik dianggap sebagai faktor yang terdekat yang mempengaruhi kebugaran jasmani. PJOK merupakan satu-satunya mata pelajaran yang fokus pada pendidikan melalui aktivitas fisik. Akan tetapi, belum ada bukti nyata tentang kontribusinya terhadap kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik di luar jam pelajaran PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani. Penelitian ini masuk ke dalam jenis penelitian korelasional. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMAN 3 Ponorogo dengan jumlah 308 siswa. Aktivitas fisik diukur menggunakan kuesioner aktivitas fisik yaitu Physical Activity Questionnaire For Adolescent (PAQ-A) sedangkan kebugaran jasmani diukur menggunakan Multistage Fitness Test (MFT). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif statistik dan korelasi product moment. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa aktivitas fisik memiliki nilai rata-rata sebesar 15,96 (rendah) dan kebugaran jasmani berdasarkan nilai rata-rata VO2Max sebesar 27,21 (kurang). Analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani, dibuktikan dengan nilai r-hitung sebesar 0,437, dengan Sig. sebesar 0,000<0,05 dan menghasilkan hubungan sebesar 19,09%. Hal tersebut menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik perlu melakukan aktivitas fisik di luar pembelajaran atau dalam kegiatan sehari-hari. Untuk itu, dapat direkomendasikan berupa kegiatan serupa dapat diadopsi oleh guru untuk mengevaluasi tingkat kebugaran jasmani dalam meningkatkan kualitas pelajaran PJOK.

Kata Kunci : Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani, dan Pembelajaran PJOK

Abstract The development of modern science and technology makes life easier, it increases the sedentary lifestyle. Physical activity is considered as the closest factor to improve physical fitness. Physical education is the only subject that focuses on education through physical activity. However, there is no concrete evidence of its contribution to physical fitness. This study aims to find the relationship between physical activity outside of lesson hours in physical education and physical fitness level. This research belongs to correlational research. The subjects of this study were grade X students at SMAN 3 Ponorogo with total amount 308 students. The physical activity was measured by using a physical activity questionnaire namely Physical Activity Questionnaire For Adolescent (PAQ-A) while physical fitness was measured by using Multistage Fitness Test (MFT). The data analysis in this study used descriptive statistics and product moment correlation. The results of data processing showed that physical activity had an average value 15.96 (low) and physical fitness based on the average value of VO2Max is 27.21 (less). The correlation analysis shows that there was a significant relationship between physical activity and physical fitness, it was proven by the value of r-count is 0.437, with Sig. of 0,000 <0,05 and resulting relationship is 19,09%. This data indicates that students need to do physical activities outside of learning hours or in daily activities in order to improve physical fitness. Thus, this similar activity can be recommended to be adopted by the teachers in order to evaluate physical fitness level in improving the quality of physical education.
Keywords: Physical Activity, Physical Fitness, and PJOK Lesson




Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 96