SURVEI KINERJA GURU PJOK DI SMP NEGERI SE-KOTA MOJOKERTO
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja guru PJOK di SMP Negeri se-Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah populasi 15 guru PJOK, 15 Kepala Sekolah dan perwakilan siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian survei kinerja guru PJOK se-Kota Mojokerto, kinerja guru dilihat dari guru menerapkan kompetensi yang wajib dilaksanakan terdiri kompetensi pedagogik hasil menunjukkan bahwa guru dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, dan kegiatan pembelajaran yang mendidik dinyatakan cukup baik. Kompetensi kepribadian hasil menunjukkan bahwa guru dilihat dari etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dinyatakan cukup baik. Kompetensi sosial menunjukkan bahwa guru keseluruhan dinyatakan baik. Serta kompetensi profesional hasil menunjukkan bahwa penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, serta guru dalam mengembangkan keprofesionalan melalui tindakkan reflektif dinyatakan cukup baik. Hasil penilaian kinerja guru berupa dokumen dan dipadukan dengan hasil wawancara bersama Ketua MGMP, Kepala Sekolah dan siswa kemudian dianalisa sehingga menghasilkan kinerja guru PJOK di SMP Negeri se-Kota Mojokerto dinyatakan cukup baik.
Kata kunci : Kinerja, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
ABSTRACT
This research aims to know the performance of physical education teachers at state junior high schools in Mojokerto. The researcher used qualitative methods, with descriptive research design. The data were collected by observation, interview and documentation. The research subjects were 15 physical education teachers, 15 headmasters, and students. The data were analysed by descriptive analysis technique. Based on the research result, teacher performance was assessed from how they apply the obligator competence, the pedagogic competency results showed that mastery of learning theory and the principles of educational learning, curriculum development, and educational learning activities carried out by the teacher are good. Then, competence of personality showed that their work ethic, responsibility and proud being a teacher are good. Social competence showed that all of them are very good. Besides, professional competency showed that control of materials, structure, concept, scientific mindset which support the lessons learned and developing professionality with reflective actions by the teacher are good. Overall, the performance of physical education teacher in state junior high schools mojokerto is good.
Keywords: Performance, Physical Education