PENGARUH MODIFIKASI MEDIA KARDUS TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN TENDANGAN T PENCAK SILAT

  • MUHAMMAD KHALIL

Abstract

ABSTRAK

Persentase hasil Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya masih rendah, khususnya dalam tendangan T pencak silat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan prinsip One group pre test post test design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MM 1 yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 32 siswa putra dan 2 putri. Instrumen yang digunakan adalah instrumen penilaian tendangan T pencak silat. Teknik pengumpulan data adalah dengan pre-test dan pos-test kemampuan tendangan T pencak silat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda mean pre-test dan uji beda mean post-test kemampuan tendangan T pencak silat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t, taraf signifikan 0,05 dengan nilai t test 7,201 > t-tabel 1.697, yang menunjukkan hipotesis alternative diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada Pengaruh Modifikasi Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Tendangan T Pencak Silat pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Nilai rata-rata post-test sebesar 67,41 > 59,26 nilai rata-rata pre-test. Terbukti dengan adanya perhitungan persentase peningkatan sebesar 14 %

Kata kunci : Modifikasi media kardus, hasil belajar, tendangan T pencak silat

ABSTRACT

The cardboard media modification utilization percentage on the T kick skill of Pencak Silat in XI graders of Vocational High School Muhammadiyah 2 Surabaya was low. This study aims to find the effect of cardboard media modification on T kick skill. The research methodology was quasi experiment by using one group pre-post test design. The subjects were 34 students from XI MM 1 class which consist of 32 male students and 2 female students. The research instrument was T kick instrument of assessment of Pencak Silat. The researcher collected the data by using pre-test and post-test of T kick skill in Pencak Silat. In analyzing the data, the researcher compared the result of mean pre-test and mean post-test of T kick skill in Pencak Silat. The result of the study shows there is an effect of cardboard media modification on T kick skill of Pencak Silat in XI graders of Vocational High School Muhammadiyah 2 Surabaya. It can be shown on the result of T-test is significant (<0,05). The result of T-test was 7,201 > T-table 1.697, it means the alternative hypothesis was accepted. The average score of post-test was higher than pre-test (67,41 > 59,26). Those post-test score increased become 14%. Thus, using cardboard media modification on T kick skill has an effect on XI graders of Vocational High School Muhammadiyah 2 Surabaya.

Keyword : Modification of Cardboard Media, Learning Outcomes, T kick of Pencak Silat






Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 343