PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 SUKODADI

  • BELLA NUR INTANNI

Abstract

Abstrak

Senam aerobik merupakan suatu rangkaian gerak dan musik yang sengaja diciptakan sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik untuk mencapai tujuan tertentu. Mengingat pentingnya peranan kebugaran jasmani bagi siswa, maka dibutuhkan aktivitas olahraga secara teratur dan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Aktivitas olahraga yang bisa meningkatkan tingkat kebugaran jasmani adalah olahraga yang bisa memberikan beban kepada jantung dan paru aktivitas olahraga tersebut yaitu senam aerobik. Kebugaran jasmani adalah suatu aktivitas olahraga yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama tanpa mengalami suatu kelelahan yang berarti dan masih bisa melakukan aktivitas lainya di waktu yang senggang. Penelitian ini dilakukan karena memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu pengaruh dari pemberian senam aerobik terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa. Terlihat dari hasil tes MFT (Multistage Fitness Test) yang memiliki nilai Z variabel MFT (Multistage Fitnes Test) sebesar – 4,937 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang menjelaskan bahwa dalam perhitungan uji beda sampel berpasangan (Wilcoxon) ada beda atau terdapat pengaruh dalam pemberian senam aerobik terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa.

Kata kunci: Senam aerobik, kebugaran jasmani.

Abstract

Aerobic exercise is a systematic combination of motion and music which is intentionally made so the harmony between movement and music appears to achieve the goal. Physical fitness is important for students. It needs to be maintained and improved by regular exercise. Aerobic exercise is the best sport activity which can improve physical fitness. As a result, good physical fitness benefits us to do more activity without experienching fatigue easily. This study aims to detemine whethere there is an influence of giving aerobic exercise to the student physical fitness level. The result, the MFT test (Multistage Fitness Test) value is – 4,937, Furthermore, the paired samples (Wilcoxon) test was peformed to analyze the difference and influence of aerobic exercise tot student physical fitness level. The significance value is 0,000. It explains that there is a difference between pretest and postest score.

Keywords: Aerobic exercise, physical fitness




Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 213
PDF Downloads: 124