PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DROPSHOT BULUTANGKIS

  • AYU FEBBYASTRI ISWARDHANI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban dari rumusan masalah, yaitu seberapa besar persentase pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar dropshot bulutangkis yang diterapkan pada kelas x ipa-3 (kelas eksperimen) dibandingkan kelas x ipa-4 (kelas kontrol), manakah yang lebih baik antara dua kelas tersebut. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan pendekatan dalam penelitian none equivalent (pretest snd posttest). Penelitian ini mengikutsertakan 72 siswa X SMA Negeri 16 Surabaya dan dibagi menjadi 2 kelompok dengan penggunaan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelompoknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen (x ipa-3) terdapat adanya peningkatan yang dapat dilihat pada persentase peningkatan 49,5% dan untuk kelas kontrol (x ipa-4) juga memiliki peningkatan 36,0%. Dari uji mann-whitney didapatkan nilai yang signifkansi ,005 yang artinya terdapat perbedaan pada kelas yang diberi treatment pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) dan kelas yang tidak diberi treatment (kontrol). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) lebih baik dibanding kelas yang tidak diberi perlakuan (kontrol)

Kata kunci : Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT), hasil belajar dropshot bulutangkis.

ABSTRACT

This research aimed to find out the answer of the research question which is how is the effect of coopeatif learning Team Games Touraments (TGT) as learning model on students’ badminton dropshot learning outcome. This learning model was implemented on X Science 3 class as experimental group and X Science 4 class ascontrol group). The research design was quantitative research by using quasi experimental method. The approach in this research was non-equivalent (pretest and post-test). There were 72 students of Senior High School 16 Surabaya involved in this study. Those students were divided into two groups by using cluster random sampling technique. The results of this research showed that the learning outcome of experimental group (X Science 3) increased 49.5% and control group (X Science 4) increased 36.0%. Mann-Whitney test indicated that there was significant difference at the p .005. This showed that there was significant difference on the learning outcome between the class that received a treatment, namely the implementation of Team Games Tournament as learning model, and the class that did not get any treatment (control group). Based on the result, it can be concluded that the class in which cooperatif learning Team Games Tournament was implemented has better learning outcome than the class which did not get any treatment (control group).

Keywords : effect of cooperatif learning Team Games Tournaments (TGT), badminton dropshot learning outcom.








Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 60