PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PRAMBON NGANJUK

  • IVAN VIJAY KUMAR
  • NANIK INDAHWATI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu wadah yang dapat membantu siswa untuk dapat berkembang secara menyeluruh. Dalam proses pembelajaran pasing bawah bolavoli guru sepenuhnya mengambil peran penuh dalam proses pembelajaran. Pembelajaran modifikasi permainan dapat dijadikan sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan hasil belajar khususnya materi pasing bawah bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode modifikasi permainan terhadap hasil belajar pasing bawah bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk dan jika ada, seberapa besar pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar pasing bawah bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk tahun ajaran 2017-2018 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-9 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-8 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar pasing bawah bolavoli pada siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk. Dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test keterampilan 0,044 ≥ 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Modifikasi Permainan, Pasing Bawah Bolavoli


Abstract

Physical Education is a platfrom for student to grow well. In a underhand pass learning procces, teacher is totally in charge. Modification game learning method could be an effective way to improve the learning result, especially learning material regarding underhand pass volleyball. This research aims to know the impact of the game modification learning method to the student VIII Junior High School 2 Prambon Nganjuk underhand pass learning result. This research used quasi-experiment with quantitative approach. The research design was Randomized Group Pretest Posttest Design. Population in this research is all students included 9 classes of VIII grade Junior High School 2 Prambon Nganjuk. The sample in this research were 30 students of VIII-9 as an experiment group and 30 students of VIII-8 as control group. Lased on the data analysis, it can be concluded there is an impact of game modification in learning result. It can be proven from pre-test and post-test skill 0,044 ≥ 0,05 that shows H0 is accepted while Ha is rejected.

Key Terms: Game modification, Under pass volleyball

Published
2019-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 38